EFEKTIVITAS MEDIA NYARI ( MENYANYI DAN MENARI ) BERBASIS NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VI DI MI Ya BAKII KESUGIHAN 01

ALFI, HIDAYATI (2024) EFEKTIVITAS MEDIA NYARI ( MENYANYI DAN MENARI ) BERBASIS NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VI DI MI Ya BAKII KESUGIHAN 01. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ALFI HIDAYATI_EFEKTIVITAS MEDIA NYARI (menyanyi dan menari )BERBASIS NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VI DI MI Ya BAKII KESUGIHAN 1.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Para Pendidik dalam proses pembelajaran IPS sangat jarang menggunakan inovasi Media Pembelajaran. Meskipun ada yang menggunakan Media pembelajaran aktif dengan berbagai macam permainan, namun anak-anak hanya menikmatinya atau aktif ketika pada proses pembelajarannya, namun sayang pada hasil pembelajarannya peserta didik belum dikatakan berhasil. Maka peneliti mencoba mengenalkan media NYARI (menyanyi dan menari ) sebagai media pembelajaran yang menyenangkan dan diharapkan hasil output pembelajaran berhasil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Media NYARI ( menyanyi dan menari ) Berbasis Nilai Islam dalam pembelajaran IPS Pada siswa kelas VI di MI Ya BAKII Kesugihan 01 . Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen yang menggunakan Quasi Eksperimental dengan rancangan None Equivalent Control Group Desaign. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VI, yakni kelas VI 02 sebagai kelas Kontrol dan kelas VI 04 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes ( butir soal tes ), Observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan N-Gain dan uji T-test independent. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan efektifitas siswa yang menggunakan media NYARI ( menyanyi dan menari ) dengan siswa yang tidak menggunakan media NYARI. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil post-test siswa kelas VI 04 sebagai kelas eksperimen menggunakan media NYARI dapat meningkat sebesar 88, 11 % dengan nilai 80 sampai 95 keatas, sedangkan Kelas VI 02 sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan media NYARI sebesar 70,50 % dengan nilai 61 sampai 70 keatas.. Kesimpulan penelitian ini dapat dibuktikan dengan hasil koefisien sig = 0,00 < 0,05 dengan Ho ditolak dan Ha dterima. Dengan demikian media NYARI ( menyanyi dan menari ) efektif terhadap hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran IPS kelas VI di MI Ya BAKII Kesugihan 01. Saran untuk penelitian ini untuk guru bahwa Media NYARI ( menyanyi dan menari ) dapat dgunakan sebagai sebagai alternatif dalam pembelajaran IPS agar siswa aktif dan pembelajaran pun menyenangkan dan tidak membosankan serta membuat anak Riang gembira.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Media NYARI, Hasil Belajar
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ALFI HIDAYATI Sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:58
Last Modified: 18 Jul 2024 01:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26516

Actions (login required)

View Item View Item