ANALISIS IMPLEMENTASI MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BMT AS-SALAM PADAMARA PURBALINGGA

Okta, Mulyani (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BMT AS-SALAM PADAMARA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Okta Riski Mulyani_Analisis Implementasi Manajemen Risiko Pembiayaan Mudharabah Pada BMT As-Salam Padamara Purbalingga.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembiayaan merupakan salah satu produk yang dimiliki lembaga keuangan syariah yang dapat membantu kelangsungan pertumbuhan perekonomian, semakin besar pembiayaan yang diberikan maka semakin besar juga risiko yang akan dihadapi. BMT (Baitul Maal Wa Tamwil) As-Salaam Padamara Purbalingga sebagai lembaga keuangan mikro dengan prinsip syariah yang dalam kegiatan operasionalnya menghadapi berbagai macam risiko, salah satunya terjadinya pembiayaan bermasalah khususnya pada produk mudharabah yang dilakukan anggota yang mengajukan pembiayaan dan tidak dapat melunasi kewajibannya atau anggota terlambat melunasi kewajibannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen risiko pembiayaan mudharabah dan bagaimana upaya penyelesaian pembiayaan bermasalah mudharabah yang dilakukan BMT AsSalam Padamara Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen risiko pembiayaan mudharabah yang diterapkan di BMT As-Salaam Padamara Purbalingga dilakukan untuk meminimalisir kerugian atas risiko-risiko yang mungkin terjadi selama praktek mudharabah berlangsung dengan melakukan analisis 5C, yaitu Character, Capacity, Capital, Collateral dan Condition of Economy. BMT AsSalaam Padamara Purbalingga melakukan upaya penyelesaian pembiayaan bermasalah mudharabah dengan melakukan penagihan secara intensif, memberikan teguran berupa surat peringatan, melakukan rescheduling, reconditioning dan restructuring. BMT As-Salaam Padamara Purbalingga mengutamakan pendekatan secara damai (kekeluargaan) tidak melakukan sistem paksa dan menghindari jalur eksekusi jaminan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Risiko, Pembiayaan Mudharabah, BMT As-Salaam Padamara Purbalingga
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.24 Persekutuan (Syirkah, Qirad, Mudhorobah, Murabahah, Musaqoh, Muzaroah)
2x4. Fiqih > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank (BMT)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Okta Riski Mulyani sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:16
Last Modified: 18 Jul 2024 02:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26508

Actions (login required)

View Item View Item