PERAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) MUMTAZ MAJENANG TERHADAP PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM)

NURUL, ROZIATUN (2024) PERAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) MUMTAZ MAJENANG TERHADAP PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nurul Roziatun_PERAN BAITUL MAAL WAT TAMWIL (BMT) MUMTAZ MAJENANG TERHADAP PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah memiliki hubungan yang sangat erat dengan upaya pemberdayaan masyarakat miskin yang merupakan pelaku utama usaha tersebut. BMT Mumtaz sebagai salah satu Lembaga keuangan Mikro syariah hadir sebagai wujud perkembangan aspirasi masyarakat yang menginginkan kegiatan perekonomian dengan berdasarkan prinsip syariah, dapat mengeluarkan masyarakat kecil dari kemiskinan dan dari jeratan rentenir. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Mumtaz dalam pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah dan bagaimana hambatan dan tantangan BMT Mumtaz dalam pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Mumtaz dalam pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah dan untuk mengetahui bagaimana hambatan dan tantangan BMT Mumtaz dalam pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah. Penelitian ini menggunakan teori peran BMT, teori Nurul Huda dan Mohamad Heykal. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yang bersifat kualitatif dengan analisis deskriptif untuk menjelaskan mengenai peranan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) dalam pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran BMT Mumtaz dalam pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah sudah cukup maksimal, hal ini dibuktikkan dengan pertama, pembiayaan usaha dalam hal ini BMT Mumtaz memberikan modal usaha kepada nasabah. Kedua pendampingan dan pembinaan usaha, dalam hal ini BMT Mumtaz memberikan pendampingan/pembinaan secara edukatif seperti mengembangkan jiwa wirausaha kepada nasabah, mengurangi praktek riba, meningkatkan kesejahteraan masyarakat kecil dan peningkatan kualitas sumber daya manusia. Ketiga pemasaran produk dan jasa dalam hal ini BMT Mumtaz membantu proses pemasaran yang bertujuan menjaga kelancaran usaha penerima pembiayaan. Namun, ada beberapa problematika yang harus dihadapi oleh BMT Mumtaz. Meskipun demikian, BMT Mumtaz tetap memiliki strategi dalam mengahadapi problematika tersebut. Dengan memberikan pendampingan secara edukatif dan mempermudah pelayanan pembiayaan di BMT Mumtaz maka dapat mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Baitul Maal Wat Tamwil (BMT), Pemberdayaan, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurul Roziatun sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:18
Last Modified: 18 Jul 2024 02:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26500

Actions (login required)

View Item View Item