PENGARUH PROMO HARBOLNAS DAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING DENGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA PENGGUNA SHOPEE PAYLATER DI KABUPATEN BANYUMAS

Silvi, Novianti (2024) PENGARUH PROMO HARBOLNAS DAN SHOPEE PAYLATER TERHADAP PERILAKU IMPULSE BUYING DENGAN KARAKTERISTIK INDIVIDU SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA MAHASISWA PENGGUNA SHOPEE PAYLATER DI KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SILVIANA DWI NOVIANTI_PENGARUH PROMO HARBOLNAS DAN SHOPEE PAYLATER.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkembangan industri teknologi digital telah membawa dampak signifikan tidak hanya dalam bidang hubungan sosial, tetapi juga dalam pola konsumsi. Pada e-commerce, event seperti Harbolnas menawarkan promo-promo menarik, sedangkan Shopee sebagai platform digital menyediakan layanan paylater yang populer dan mudah diakses. Kombinasi dari event Harbolnas dan fitur Shopee PayLater, dengan flash sale dan gratis ongkir berpotensi mempengaruhi perilaku impulse buying pada mahasiswa dalam gaya berbelanja mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promo Harbolnas dan Shopee Paylater terhadap perilaku impulse buying pada mahasiswa pengguna shopee paylater di kabupaten Banyumas, dengan karakteristik individu sebagai variabel moderasi. Metode kuantitatif digunakan dengan pengumpulan data primer melalui kuesioner Likert. Sampel berjumlah 126 responden yang dipilih dengan Purposive Sampling. Analisis dilakukan menggunakan SmartPLS 4.0 Partial Least Square (PLS) untuk menguji hipotesis dengan uji signifikansi parsial (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa harbolnas tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku pembelian impulsif di kalangan mahasiswa tersebut. Sebaliknya, Shopee PayLater terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku impulse buying. Karakteristik individu memainkan peran penting dalam memperkuat pengaruh Harbolnas terhadap perilaku impulse buying,. Dan karakteristik individu juga memperkuat pengaruh Shopee PayLater terhadap perilaku impulse buying, karena mahasiswa sering menghadapi keterbatasan dalam pengelolaan keuangan pribadi dan tertarik dengan diskon serta promosi terbatas waktu yang ditawarkan, ditambah dengan karakteristik seperti toleransi risiko dan kecenderungan untuk mencari pengalaman belanja yang instan.Temuan ini memberikan pemahaman lebih lanjut tentang faktor-faktor yang memengaruhi perilaku impulse buying di kalangan mahasiswa, khususnya terkait dengan pengaruh promo dan kebijakan pembayaran di platform e-commerce.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Harbolnas, Shope Paylater, Impulse Buying, Karakteristik Individu
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Silviana Dwi Novianti sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:05
Last Modified: 18 Jul 2024 02:05
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26483

Actions (login required)

View Item View Item