PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, RISIKO INVESTASI DAN MOTIVASI INVESTASI TERHADAP MINAT PENGUSAHA BERINVESTASI DI REKSADANA SYARIAH (STUDI PADA PENGUSAHA DI KABUPATEN BANYUMAS)

Tsania, Zuhrotunisa (2024) PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, RISIKO INVESTASI DAN MOTIVASI INVESTASI TERHADAP MINAT PENGUSAHA BERINVESTASI DI REKSADANA SYARIAH (STUDI PADA PENGUSAHA DI KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TSANIA ZUHROTUNISA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pengusaha terus mengalami kenaikan dalam minat untuk berinvestasi pada zaman sekarang. Salah satu instrumen investasi yang semakin diperbincangkan adalah reksadana syariah, yang menawarkan potensi keuntungan dengan tingkat risiko yang lebih terukur. Pentingnya pemahaman yang lebih mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat pengusaha dalam berinvestasi pada instrumen keuangan yang sesuai dengan prinsip syariah, khususnya di Kabupaten Banyumas yang mengalami pertumbuhan ekonomi syariah yang pesat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada pengusaha di Kabupaten Banyumas sebanyak 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda untuk menguji pengaruh masingmasing variabel independen (pengetahuan investasi, risiko investasi, dan motivasi investasi) terhadap variabel dependen (minat berinvestasi di reksadana syariah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan investasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat pengusaha untuk berinvestasi di reksadana syariah. Pemahaman yang baik tentang mekanisme dan manfaat investasi syariah meningkatkan sikap positif pengusaha terhadap investasi tersebut. Risiko investasi juga memiliki pengaruh yang signifikan, di mana persepsi risiko yang dikelola dengan baik dapat meningkatkan minat investasi. Selain itu, motivasi investasi, baik yang didorong oleh alasan finansial, etis, maupun sosial, juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pengusaha untuk berinvestasi di reksadana syariah. Dari perspektif Islam, hasil ini sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi syariah yang menekankan pentingnya pengetahuan (ilmu), pengelolaan risiko yang baik (mencegah gharar atau ketidakpastian berlebihan), dan niat yang baik dalam berinvestasi (sesuai dengan nilai-nilai etis dan sosial). Pengetahuan yang memadai membantu pengusaha menghindari investasi yang tidak sesuai dengan syariah, sementara manajemen risiko yang baik memastikan bahwa investasi dilakukan secara adil dan transparan. Motivasi yang didorong oleh nilai-nilai Islam juga mencerminkan keinginan untuk berinvestasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Investasi, Risiko Investasi, Motivasi Investasi, Reksadana Syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.2 Lembaga Perbankan Khusus
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Tsania Zuhrotunisa sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 02:55
Last Modified: 18 Jul 2024 02:55
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26477

Actions (login required)

View Item View Item