ANALISIS KOMUNIKASI PERSUASIF KYAI TERHADAP JAMAAH PADA KEGIATAN ISTIGHOSAH SABTU MANISAN DI PONDOK PESANTREN ROUDHOTUT THOLIBIN HIDAYATUL QUR’AN RANDUDONGKAL

Novia, Aliatussyiam (2024) ANALISIS KOMUNIKASI PERSUASIF KYAI TERHADAP JAMAAH PADA KEGIATAN ISTIGHOSAH SABTU MANISAN DI PONDOK PESANTREN ROUDHOTUT THOLIBIN HIDAYATUL QUR’AN RANDUDONGKAL. Skripsi thesis, UIN prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NOVIA ALIATUSSYIAM_ANALISIS KOMUNIKASI PERSUASIF KYAI TERHADAP JAMAAH PADA KEGIATAN ISTIGHOSAH SABTU MANISAN DI PONDOK PESANTREN ROUDHOTUT THOLIBIN HIDAYATUL QUR'AN RANDUDONGKAL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pesantren sebagai lembaga yang inklusif dan terbuka memberikan kesempatan bagi masyarakat dalam menimba ilmu agama untuk menjadi umat islam yang lebih taat dalam melakukan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Penyampaian dakwah yang dilakukan oleh Kyai memiliki upaya pendekatan terhadap jamaah yang bersifat persuasif agar apa yang disampaikan dapat menjadi sebuah proses perubahan pada sikap jamaah serta peningkatan kualitas hidup yang lebih bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetuahuan bagaimana komuikasi persuasif yang dilakukan oleh Kyai pada rutinan sabtu manisan di Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin Hidayatul Qur’an Randudongkal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, pengumpulan datanya dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi serta data yang diperoleh akan dianalisan dengan menggunakan reduksi data, analisa data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan adanya komunikasi persuasif Kyai dapat menjadi salah satu strategi untuk mempermudah KH. Fatkhul Munir dalam menyampaikan dakwahnya kepada masyarakat. Komunikasi persuasif yang dilakukan KH. Fatkhul Munir dalam menyampaikan materi dakwahnya menggunakan Teknik Asosiasi, Teknik Integrasi, Teknik Tataan dan Teknik Red Herring. Bentuk komunikasi persuasif yang digunakan oleh KH. Fatkhul Munir dalam menyampaikan materi dakwahnya menggunakan Attention, Interest, Desire, Decision, Action. Kata Kunci: Jamaah, Komunikasi Persuasif, Sabtu Manisan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Novia Aliatussyiam sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:00
Last Modified: 18 Jul 2024 03:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26474

Actions (login required)

View Item View Item