PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING,CUSTOMER EXPERIENCE, DAN SERVICESCAPE TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG(STUDI KASUS OBJEK WISATA PANTAI MENGANTI, DESA KARANGDUWUR, KECAMATAN AYAH,KABUPATEN KEBUMEN

Septiana, Nur' Aini (2024) PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING,CUSTOMER EXPERIENCE, DAN SERVICESCAPE TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG(STUDI KASUS OBJEK WISATA PANTAI MENGANTI, DESA KARANGDUWUR, KECAMATAN AYAH,KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Septiana Nur' Aini_Pengaruh Social Media Marketing, Customer Experience, dan Servicescape Terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Kasus Objek Wisata Pantai Menganti Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan yang memiliki sumber daya dan geografis yang melimpah, inovasi dalam bentuk, cara, dan sifat yang menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara. Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi yang menjadi target kunjungan. Hal ini dibuktikan dengan data Disporapar Jateng dimana pariwisata naik signifikan pada tahun 2022 dengan angka mencapai 45.093.44 orang. Kota Kebumen terletak di Selatan Pulau Jawa yang kaya akan potensi alam salah satunya objek wisata Pantai Menganti yang berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah dengan luas perairan dan daratan 300 hektar yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Selatan bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel independen social media marketing, customer experience, dan servicescape terhadap variabel dependen keputusan berkunjung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan sampelnya menggunakan metode nonprobability dengan pendekatan purposive sampling. Teknik ini adalah teknik pengambilan sampel di mana peneliti memilih responden berdasarkan kriteria tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah pengunjung yang pernah berkunjung ke Pantai Menganti dengan jumlah keseluruhan 100 responden. Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan program Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing dan servicescape berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Sedangkan customer experience berpengaruh secara positif namun tidak signifikan. Kata kunci : sosial media pemasaran, customer experince, fasilitas, keputusan berkunjung, pariwisata. THE INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA MARKETING, CUSTOMER EXPERIENCE, AND SERVICESCAPE ON VISITING DECISIONS (Case Study of Menganti Beach Tourism Object, Karangduwur Village, Ayah District, Kebumen Regency) Oleh : Septiana Nur’ Aini NIM. 2017201245 Email : [email protected] Study Program Sharia of Economics Faculty of Islamic Economic and Business State Islamic University Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRACT Tourism is one of the leading sectors that has abundant resources and geography, innovation in form, method, and nature that attracts domestic and foreign tourists. Central Java is one of the provinces that is the target of visits. This is evidenced by data from the Central Java Disporapar where tourism increased significantly in 2022 with a figure reaching 45,093,44 people. Kebumen City is located in the South of Java Island which is rich in natural potential, one of which is the Menganti Beach tourist attraction located in Karangduwur Village, Ayah District with a water and land area of 300 hectares managed by Perum Perhutani KPH Selatan together with the Forest Village Community Institution (LMDH). This study aims to analyze the influence of independent variables social media marketing, customer experience, and servicescape on the dependent variable of visiting decisions. This study uses quantitative research methods. The sample collection uses a nonprobability method with a purposive sampling approach. This technique is a sampling technique in which researchers select respondents based on certain criteria that are relevant to the research objectives. The sample in this study were visitors who had visited Menganti Beach with a total of 100 students. The analysis used is multiple linear regression with the Smart PLS program. The results of the study show that social media marketing and servicescape have a positive and significant effect on the decision to visit. While customer experience has a positive but not significant effect. Keywords : social media marketing, customer experience, facilities, decision to visit, tourism. PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, CUSTOMER EXPERIENCE, DAN SERVICESCAPE TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Studi Kasus Objek Wisata Pantai Menganti Desa Karangduwur Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen) Oleh : Septiana Nur’ Aini NIM. 2017201245 Email : [email protected] Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRAK Pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan yang memiliki sumber daya dan geografis yang melimpah, inovasi dalam bentuk, cara, dan sifat yang menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara. Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi yang menjadi target kunjungan. Hal ini dibuktikan dengan data Disporapar Jateng dimana pariwisata naik signifikan pada tahun 2022 dengan angka mencapai 45.093.44 orang. Kota Kebumen terletak di Selatan Pulau Jawa yang kaya akan potensi alam salah satunya objek wisata Pantai Menganti yang berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah dengan luas perairan dan daratan 300 hektar yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Selatan bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel independen social media marketing, customer experience, dan servicescape terhadap variabel dependen keputusan berkunjung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan sampelnya menggunakan metode nonprobability dengan pendekatan purposive sampling. Teknik ini adalah teknik pengambilan sampel di mana peneliti memilih responden berdasarkan kriteria tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah pengunjung yang pernah berkunjung ke Pantai Menganti dengan jumlah keseluruhan 100 responden. Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan program Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing dan servicescape berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Sedangkan customer experience berpengaruh secara positif namun tidak signifikan. Kata kunci : sosial media pemasaran, customer experince, fasilitas, keputusan berkunjung, pariwisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, CUSTOMER EXPERIENCE, DAN SERVICESCAPE TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Studi Kasus Objek Wisata Pantai Menganti Desa Karangduwur Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen) Oleh : Septiana Nur’ Aini NIM. 2017201245 Email : [email protected] Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRAK Pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan yang memiliki sumber daya dan geografis yang melimpah, inovasi dalam bentuk, cara, dan sifat yang menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara. Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi yang menjadi target kunjungan. Hal ini dibuktikan dengan data Disporapar Jateng dimana pariwisata naik signifikan pada tahun 2022 dengan angka mencapai 45.093.44 orang. Kota Kebumen terletak di Selatan Pulau Jawa yang kaya akan potensi alam salah satunya objek wisata Pantai Menganti yang berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah dengan luas perairan dan daratan 300 hektar yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Selatan bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel independen social media marketing, customer experience, dan servicescape terhadap variabel dependen keputusan berkunjung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan sampelnya menggunakan metode nonprobability dengan pendekatan purposive sampling. Teknik ini adalah teknik pengambilan sampel di mana peneliti memilih responden berdasarkan kriteria tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah pengunjung yang pernah berkunjung ke Pantai Menganti dengan jumlah keseluruhan 100 responden. Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan program Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing dan servicescape berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Sedangkan customer experience berpengaruh secara positif namun tidak signifikan. Kata kunci : sosial media pemasaran, customer experince, fasilitas, keputusan berkunjung, pariwisata. THE INFLUENCE OF SOCIAL MEDIA MARKETING, CUSTOMER EXPERIENCE, AND SERVICESCAPE ON VISITING DECISIONS (Case Study of Menganti Beach Tourism Object, Karangduwur Village, Ayah District, Kebumen Regency) Oleh : Septiana Nur’ Aini NIM. 2017201245 Email : [email protected] Study Program Sharia of Economics Faculty of Islamic Economic and Business State Islamic University Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRACT Tourism is one of the leading sectors that has abundant resources and geography, innovation in form, method, and nature that attracts domestic and foreign tourists. Central Java is one of the provinces that is the target of visits. This is evidenced by data from the Central Java Disporapar where tourism increased significantly in 2022 with a figure reaching 45,093,44 people. Kebumen City is located in the South of Java Island which is rich in natural potential, one of which is the Menganti Beach tourist attraction located in Karangduwur Village, Ayah District with a water and land area of 300 hectares managed by Perum Perhutani KPH Selatan together with the Forest Village Community Institution (LMDH). This study aims to analyze the influence of independent variables social media marketing, customer experience, and servicescape on the dependent variable of visiting decisions. This study uses quantitative research methods. The sample collection uses a nonprobability method with a purposive sampling approach. This technique is a sampling technique in which researchers select respondents based on certain criteria that are relevant to the research objectives. The sample in this study were visitors who had visited Menganti Beach with a total of 100 students. The analysis used is multiple linear regression with the Smart PLS program. The results of the study show that social media marketing and servicescape have a positive and significant effect on the decision to visit. While customer experience has a positive but not significant effect. Keywords : social media marketing, customer experience, facilities, decision to visit, tourism. PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING, CUSTOMER EXPERIENCE, DAN SERVICESCAPE TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Studi Kasus Objek Wisata Pantai Menganti Desa Karangduwur Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen) Oleh : Septiana Nur’ Aini NIM. 2017201245 Email : [email protected] Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRAK Pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan yang memiliki sumber daya dan geografis yang melimpah, inovasi dalam bentuk, cara, dan sifat yang menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara. Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi yang menjadi target kunjungan. Hal ini dibuktikan dengan data Disporapar Jateng dimana pariwisata naik signifikan pada tahun 2022 dengan angka mencapai 45.093.44 orang. Kota Kebumen terletak di Selatan Pulau Jawa yang kaya akan potensi alam salah satunya objek wisata Pantai Menganti yang berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah dengan luas perairan dan daratan 300 hektar yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Selatan bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel independen social media marketing, customer experience, dan servicescape terhadap variabel dependen keputusan berkunjung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan sampelnya menggunakan metode nonprobability dengan pendekatan purposive sampling. Teknik ini adalah teknik pengambilan sampel di mana peneliti memilih responden berdasarkan kriteria tertentu yang relevan dengan tujuan penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah pengunjung yang pernah berkunjung ke Pantai Menganti dengan jumlah keseluruhan 100 responden. Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan program Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing dan servicescape berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung. Sedangkan customer experience berpengaruh secara positif namun tidak signifikan. Kata kunci : sosial media pemasaran, customer experince, fasilitas, keputusan berkunjung, pariwisata.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 333 Land economics
300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Septiana Nur' Aini
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:25
Last Modified: 18 Jul 2024 01:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26471

Actions (login required)

View Item View Item