PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN TINGKAT KEPERCAYAAN PASANGAN TERHADAP REDUKSI KONFLIK DALAM LONG DISTANCE RELATIONSHIP (Studi pada Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Angkatan 2020)

Intan Ayu, Imaniar (2024) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN TINGKAT KEPERCAYAAN PASANGAN TERHADAP REDUKSI KONFLIK DALAM LONG DISTANCE RELATIONSHIP (Studi pada Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Angkatan 2020). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI INTAN AYU IMANIAR FULL.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Meskipun teknologi semakin berkembang, pasangan jarak jauh tetap menghadapi sejumlah tantangan seperti kurangnya interaksi langsung, keterbatasan dalam mengamati aktivitas pasangan, batasan komunikasi, kekhawatiran akan kesetiaan, serta kesulitan dalam menyelesaikan konflik. Konflik sering muncul ketika ada perbedaan dalam motivasi, tujuan, kepercayaan, argumen, tindakan, atau tingkah laku. Jika tidak dikelola dengan baik, konflik dapat merusak hubungan, tetapi jika dikelola dengan tepat, dapat meningkatkan kualitas hubungan. Konflik dapat menyebabkan keretakan hubungan, ditandai dengan emosi negatif, perselisihan, pertengkaran, ketidakpuasan, dan kurangnya komunikasi. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi bagaimana komunikasi interpersonal dan tingkat kepercayaan mempengaruhi reduksi konflik dalam hubungan LDR, guna memberikan wawasan bagi mahasiswa dalam memperkuat hubungan dan kesejahteraan psikologis mereka. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan pendekatan korelasional. Jenis populasi pada penelitian ini adalah populasi tidak diketahui, dengan pengambilan sampel menggunakan rumus Cochran menghasilkan 100 sampel. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal dengan reduksi konflik, dengan nilai t hitung (7,300) > t tabel (1,984) dan signifikansi berada pada angka 0,000 < 0,05; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara tingkat kepercayaan pasangan terhadap reduksi konflik, dengan nilai t hitung (5,813) > t tabel (1,984) dan signifikansi berada pada angka 0,000 < 0,05; (3) Terdapat pengaruh secara simultan antara komunikasi interpersonal dan tingkat kepercayaan pasangan terhadap reduksi konflik, dengan f hitung (29,058) > f tabel (3,09) dan signifikansi berada pada angka 0,000 < 0,05. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi interpersonal yang efektif dan tingkat kepercayaan yang tinggi dapat mengurangi konflik dalam hubungan jarak jauh. Implikasi dari temuan ini menunjukkan bahwa pasangan dalam hubungan jarak jauh perlu fokus pada pengembangan strategi komunikasi yang baik untuk mengurangi konflik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal, Tingkat Kepercayaan, Reduksi Konflik, Long Distance Relationship, Mahasiswa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.9042 Stress
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > 158.2 Interpersonal Relations
300 Social sciences > 302 Social interaction
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: INTAN AYU IMANIAR sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:52
Last Modified: 18 Jul 2024 01:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26470

Available Versions of this Item

  • PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN TINGKAT KEPERCAYAAN PASANGAN TERHADAP REDUKSI KONFLIK DALAM LONG DISTANCE RELATIONSHIP (Studi pada Mahasiswa UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto Angkatan 2020). (deposited 18 Jul 2024 01:52) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item