PENGARUH BIAYA PRODUKSI, JUMLAH PRODUKSI, DAN PROGRAM PUPUK SUBSIDI TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH (STUDI KASUS: KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES)

Lia, Maula (2024) PENGARUH BIAYA PRODUKSI, JUMLAH PRODUKSI, DAN PROGRAM PUPUK SUBSIDI TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH (STUDI KASUS: KECAMATAN BUMIAYU KABUPATEN BREBES). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
LIA IZZATUL MAULA_PENGARUH BIAYA PRODUKSI, JUMLAH PRODUKSI, DAN PROGRAM PUPUK SUBSIDI TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Indonesia sebagai negara agraris. Akan tetapi, kenyataanya petani di seluruh Indonesia masih dibawah garis kemiskinan. Dengan pendapatan para petani yang rendah menjadi masalah yang serius. Ketika petani tidak bisa menekan biaya produksi dapat menyebabkan pada produksi menjadi tidak terbatas dan akan mempengaruhi pendapatan. Jumlah produksi pertanian yang tinggi dapat meningkatkan potensi pendapatan petani. Dengan pemerintah menggalakkan program pupuk subsidi tetapi pada realitanya penyaluran alokasi pupuk subsidi setiap tahunnya terus menyusut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh biaya produksi, jumlah produksi, program pupuk subsidi terhadap pendapatan petani padi sawah di Kecamatan Bumiayu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasinya adalah para petani di Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposives sampling. Analisis data meliputi uji instrumen data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan alat bantu IBM SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel biaya produksi, jumlah produksi dan program pupuk subsidi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan petani dengan nilai dengan nilai F_hitung sebesar 33,171 serta nilai sig. 0,000. Selain itu, berdasarkan hasil Uji T menunjukan bahwa biaya produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan petani dengan nilai T_hitung sebesar 3,399, jumlah produksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan petani dengan nilai T_hitung sebesar 3,385, dan program pupuk subsidi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan petani dengan nilai T_hitung sebesar 2,803. Hal ini menunjukan biaya produksi, jumlah produksi, dan program pupuk subsidi merupakan faktor yang mempengaruhi pendapatan petani padi. Untuk meningkatkan pendapatan dapat dilakukan dengan cara memberikan bantuan sarana dan prasarana sebagainya dari pemerintah agar meningkatnya produktivitas pertanian dapat meningkatkan pendapatan petani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Biaya, Jumlah, Produksi, Pupuk Subsidi, Pendapatan
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lia Izzatul Maula
Date Deposited: 17 Jul 2024 08:17
Last Modified: 17 Jul 2024 08:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26468

Actions (login required)

View Item View Item