PENGARUH LABEL HALAL, ETIKA BISNIS ISLAM, DAN ISLAMIC MARKETING DALAM MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS RUMAH MAKAN AYAM PENYET SURABAYA DI PURWOKERTO

Dhiyaulhaq, Jannah (2024) PENGARUH LABEL HALAL, ETIKA BISNIS ISLAM, DAN ISLAMIC MARKETING DALAM MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN (STUDI KASUS RUMAH MAKAN AYAM PENYET SURABAYA DI PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
DhiyaulhaqFJ_Label Halal, Etika Bisnis Islam, dan Islamic Marketing Mempengaruhi Minat Beli Konsumen.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman dan teknologi membuat segala hal dipermudah melalui bantuan robot, termasuk proses produksi, distribusi serta pemasaran. Dalam upaya menjaga kepercayaan konsumen, lembaga BPJPH mengeluarkan sertifikasi halal untuk produk yang lulus uji halal. Para produsen yang mengedepankan etika bisnis pastilah akan berusaha membuat produk mereka halal sebagai bentuk tanggung jawab. Selain itu, informasi yang disampaikan dalam marketing yang dilakukan juga harus jujur untuk menjaga kepercayaan dan menarik minat beli konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh implementasi label halal, etika bisnis Islam, dan Islamic marketing terhadap minat beli konsumen pada Rumah Makan Ayam Penyet Surabaya di Purwokerto. Seiring dengan meningkatnya kesadaran konsumen terhadap pentingnya produk halal, kenyamanan dari etika bisnis Islam dan kejujuran pada Islamic marketing penelitian ini menjadi relevan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi minat pembelian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 137 responden konsumen Rumah Makan Ayam Penyet Surabaya di Purwokerto. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi linier berganda menggunakan IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi label halal, etika bisnis Islam, dan Islamic marketing secara signifikan mempengaruhi minat beli konsumen. Di antara ketiga variabel tersebut, etika bisnis Islam memiliki pengaruh paling besar terhadap minat beli konsumen, diikuti oleh label halal dan Islamic marketing. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan minat beli konsumen, Rumah Makan Ayam Penyet Surabaya perlu terus memperkuat penerapan label halal, etika bisnis Islam, dan strategi Islamic marketing. Pengelola bisnis makanan harus memastikan bahwa semua aspek operasional dan pemasaran sesuai dengan prinsip-prinsip Islam untuk menarik dan mempertahankan konsumen Muslim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Label Halal, Etika Bisnis Islam, Pemasaran Islami, Minat Beli Konsumen, Rumah Makan Ayam Penyet Surabaya
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dhiyaulhaq Fatihatul Jannah
Date Deposited: 18 Jul 2024 04:45
Last Modified: 18 Jul 2024 04:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26460

Actions (login required)

View Item View Item