RESILIENSI MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi BKI Angkatan 2021 Yang Bekerja Paruh Waktu)

Alifa Safa, Ramadhani (2024) RESILIENSI MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi BKI Angkatan 2021 Yang Bekerja Paruh Waktu). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi full_Alifa Safa Ramadhani_2017101078.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Resiliensi adalah kemampuan untuk bertahan, memperbaiki kegagalan, bangkit dan menyesuaikan terhadap kondisi yang sulit bagi individu yang dialami mahasiswa dalam beradaptasi dengan perubahan, tuntutan, dan kekecewaan yang muncul dalam kehidupan. Salah satunya meningkatkan percaya diri atas apa yang yang sedang dijalanya saat ini. Untuk dapat menghadapi persepsi sosial, kepercayaan diri tentunya sangat diperlukan setiap individu. Sehingga kepercayaan diri yang di rasakan mahasiswa dipengaruhi oleh diri mereka sendiri dari faktor tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana resiliensi mahasiswa dalam meningkatkan kepercayaan diri yang terjadi dalam bekerja paruh waktu. Jenis Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu Field Research. Dengan pendekatan kualitatif dan dinamis dengan analisis fenomenologi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi yang digunakan yaitu penulis datang langsung ke lapangan untuk melihat bagaimana resiliensi yang digunakan dalam meningkatkan kepercayaan diri. Untuk wawancara penulis mewawancarai mahasiswa yang bekerja paruh waktu yaitu DM, WN, EPM, FH, EM. Dan dokumentasi yang dilakukan yaitu mendokumentasikan hasil observasi dan juga pada saat wawancara. Hasil dari data observasi wawancara dan dokumentasi yang dilakukan penulis yaitu tentang resiliensi mahasiswa dalam meningkatkan kepercayaan diri pada mahasiswa yang bekerja paruh waktu perlu penyesuaian diri terhadap lingkungan tempat bekerja yang dilakukan oleh subjek dalam meningkatkan kepercayaan diri serta adanya dukungan dari orang terdekat tentunya sangat di butuhkan. Secara keseluruhan, lingkungan tempat bekerja paruh waktu mahasiswa dapat mempengaruhi tingkatan kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Resiliensi, Kepercayaan Diri, Bekerja Paruh Waktu.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology > 155.2 Individual Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Alifa Safa Ramadhani sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:49
Last Modified: 18 Jul 2024 01:49
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26457

Actions (login required)

View Item View Item