PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI DENGAN AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PELUANG KELAS VIII MTs AL-ITTIHAAD MA’ARIF NU 1 PURWOKERTO BARAT

Rahmadini Mulya Aisah, NIM.2017407077 (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERINTEGRASI DENGAN AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PELUANG KELAS VIII MTs AL-ITTIHAAD MA’ARIF NU 1 PURWOKERTO BARAT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI PROFESOR KIAI HAJI SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RAHMADINI M. AISAH_2017407077__.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa kelas VIII MTs Al-Ittihaad Ma’arif NU 1 Purwokerto Barat. Peneliti memilih pembelajaran matematika terintegrasi dengan Al-Qur’an untuk mengatasi kemampuan berpikir matematis siswa. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran matematika terintegrasi dengan A-Qur’an terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini merupakan seluruh kelas VIII yang berjumlah 150 siswa, pengambilan sampel dilakukan secara acak atau random sampling maka diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji N-Gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran matematika terintegrasi dengan Al-Qur’an terhadap kemampuan koneksi matematis siswa dibuktikan dengan nilai N-Gain kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran matematika terintegrasi dengan Al-Qur’an memperoleh nilai rata-rata sebesar 0.71 yang termasuk kedalam kategori tinggi. Sedangkan pada kelas kontrol dimana menggunakan pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata nilai N-Gain sebesar 0.49 yang masuk dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Koneksi matematis, Pembelajaran Matematika, Terintegrasi
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Rahmadini Mulya Aisah sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:44
Last Modified: 18 Jul 2024 01:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26441

Actions (login required)

View Item View Item