ETIKA DIRI DAN KARAKTER PEREMPUAN SHALIHAH DALAM KITAB AL-AKHLAK LIL BANAT KARYA SYEKH UMAR BARADJA

Nasya Saffana, Zahra (2024) ETIKA DIRI DAN KARAKTER PEREMPUAN SHALIHAH DALAM KITAB AL-AKHLAK LIL BANAT KARYA SYEKH UMAR BARADJA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NASYA SAFFANA ZAHRA_ETIKA DIRI DAN KARAKTER PEREMPUAN SHALIHAH DALAM KITAB AL AKHLAK LIL BANAT KARYA SYEKH UMAR BARADJAA .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penanaman karakter yang baik seharusnya di jadikan fokus yang sangat di utamakan sejak anak perempuan lahir ke dunia, dengan tujuan dan harapan bahwa karakter positif akan jauh lebih tertanam dalam diri mereka sejak usia dini hingga dewasa. Kitab Al-Akhlak lil Banat bisa di jadikan sebagai panduan awal bagi perempuan agar dapat mempertahankan iman mereka ditengah tengah tantangan kehidupan yang sulit di era saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam mengenai etika dan karakter perempuan shalihah dalam kitab Akhlak lil banat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tinjauan pustaka yang menggunakan teknik analisis isi yaitu menyelidiki dan menarik kesimpulan dari suatu fenomena dengan memanfaatkan dokumen (Kitab Al-Akhlak lil Banat) sebagai sumber informasi dalam analisis data. Dari hasil analisis data menjelaskan bahwa ada beberapa etika diri perempuan shalihah menurut Syekh Umar Baradja terdiri dari berbagai aspek, termasuk perilaku di rumah, terhadap orangtua, saudara, kerabat, pelayan, di jalan, di sekolah, dan terhadap guru. Etika tersebut mencakup penghormatan, kasih sayang, kepatuhan, serta menjauhi perilaku yang menyakiti atau tidak pantas. Sedangkan karakter perempuan shalihah yang peneliti simpulkan berdasarkan kitab Al-Akhlak lil Banat yaitu ; religius, taat, tawadhu, bersyukur, berakhlak, sopan santun, menghormati, kasih sayang, peduli lingkungan, dan cinta kebersihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Etika, Karakter, Perempuan, Shalihah
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.36 Pendidikan Wanita
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nasya Saffana Zahra
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:41
Last Modified: 18 Jul 2024 01:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26436

Actions (login required)

View Item View Item