STRATEGI PUBLIC RELATIONS RSU PKU MUHAMMADIYAH BANJARNEGARA DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK

Sri Subekti, Wahyuningrum (2024) STRATEGI PUBLIC RELATIONS RSU PKU MUHAMMADIYAH BANJARNEGARA DALAM MEMBENTUK OPINI PUBLIK. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SRI SUBEKTI WAHYUNINGRUM_Strategi Public Relations RSU PKU Muhammadiyah Banjarnegara dalam Membentuk Opini Publik.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Public relations (PR) kini menjadi ‗tren‘ manajemen di Indonesia sebagai akibat dari pertumbuhan perekonomian, persaingan perindustrian, serta perkembangan teknologi informasi dan komunikasi digital. Setiap perusahaan pasti membutuhkan peran PR dalam aktivitas manajemen terlebih lagi perusahaan baru untuk memperkenalkan eksistensinya kepada publik perusahaan. Sehingga penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan strategi PR RSU PKU Muhammadiyah Banjarnegara sebagai rumah sakit baru dalam membentuk opini publik pada konteks ini berarti memperoleh kepercayaan publik untuk menggunakan fasilitas layanan kesehatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan teori bauran PENCILS strategi PR yang ideal mencakup publications, event, news, community involment, inform or image, lobbying and negotiation, dan social responsibility. Namun, strategi PR RSU PKU Muhammadiyah Banjarnegara yang paling nyata menimbulkan opini publik adalah publikasi, news, inform or image, serta melakukan lobbying and negotiation dengan masyarakat umum maupun mitra rumah sakit diukur dari teori D.W. Rajecki berupa affective, behaviour, dan cognition.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Opini Publik, Teori Bauran PENCILS, Teori D.W. Rajecki
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.6 Organisasi
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: SRI SUBEKTI WAHYUNINGRUM sdri
Date Deposited: 18 Jul 2024 01:40
Last Modified: 18 Jul 2024 01:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26423

Actions (login required)

View Item View Item