PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA ANAK (STUDI DI SDIT MUTIARA HATI PURWOKERTO)

Dhea, Rizki Maulani (2024) PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM PADA ANAK (STUDI DI SDIT MUTIARA HATI PURWOKERTO). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Dhea Rizki Maulani_Peran OrangTua dalam Menanamkan Nilai-nilai Pend. Islam pada Anak (Studi di SD Mutiara Hati Purwokerto).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fenomena perilaku negatif pada anak sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari maupun di media sosial. Terlansir dalam media elektronik terkait bullying, tindak asusila serta kekerasan yang dilakukan oleh anak di bawah umur. Dari kasus tersebut, dapat dipastikan bahwa peran orang tua sangatlah penting dalam mendidik dan menanamkan nilai pendidikan Islam. Dalam menanamkan nilai agama setidaknya ada tiga aspek yaitu nilai akidah, akhlak dan ibadah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran orang tua dalam menanamkan nilai pendidikan Islam pada anak (studi di SDIT Mutiara Hati). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Dengan subjek penelitiannya adalah orang tua. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data yang digunakan adalah teknik reduksi data, penyajian data, dan proses penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua dalam menanamkan nilai pendidikan Islam (studi di SDIT Mutiara Hati) yang dijalankan antara lain sebagai pendidik, pendorong dan panutan. Nilai pendidikan Islam yang ditanamkan kepada anak adalah nilai akidah, akhlak dan ibadah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Nilai Pendidikan Islam
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dhea Rizki Maulani sdr
Date Deposited: 17 Jul 2024 07:43
Last Modified: 17 Jul 2024 07:43
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26402

Actions (login required)

View Item View Item