IMPLEMENTASI METODE TASALSULI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA KELAS VIII DAN IX PROGRAM TAHFIZ MTS HUFFADH AL ITQONIYYAH PURBALINGGA

Nurrohmah, Nurrohmah (2024) IMPLEMENTASI METODE TASALSULI DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA KELAS VIII DAN IX PROGRAM TAHFIZ MTS HUFFADH AL ITQONIYYAH PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NURROHMAH-IMPLEMENTASI METODE TASALSULI DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN SISWA KELAS VIII DAN IX PROGRAM TAHFIZ MTS HUFFADH AL ITQONIYYAH PURBALINGGA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program tahfiz merupakan program menghafal Al-Qur’an yang sedang berkembang pesat di Indonesia dan merambah ke lembaga pendidikan. Salah satu yang menerapkan program tersebut adalah MTs Huffadh Al Itqoniyyah Purbalingga. Metode yang digunakan untuk menghafal Al-Qur’an di MTs Huffadh Al Itqoniyyah Purbalingga adalah metode Tasalsuli. Metode Tasalsuli adalah metode yang penerapannya dilakukan dengan pengulangan ayat-ayat yang dibaca, hingga ayat tersebut terdapat dalam bayangan penghafal, kemudian diulang kembali dari ayat pertama hingga seterusnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi metode Tasalsuli dalam menghafal Al-Qur’an siswa kelas VIII dan IX program tahfiz MTs Huffadh Al Itqoniyyah Purbalingga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dimana penelitian ini mengkaji terkait bagaimana sejumlah siswa dalam memaknai pengalaman mereka dalam menghafal Al-Qur’an dengan adanya penerapan Metode Tasalsuli. Penelitian ini dilakukan di MTs Huffadh Al Itqoniyyah Purbalingga dengan subjeknya yaitu waka kurikulum, guru dan siswa. Teknik pengambilan datanya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya melalui proses reduksi data, penyajian data serta verifikasi. Sedangkan pemeriksaan keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini berupa implementasi metode Tasalsuli dalam menghafal Al-Qur’an yang dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan berupa kesiapan niat yang ikhlas, target hafalan, penjadwalan program, dan penggunaan satu mushaf. Kemudian pada tahap pelaksanaan siswa cenderung mengulang satu per satu ayat hingga hafal kemudian berpindah ke ayat sebelumnya, dan diulangi dari ayat pertama hingga ayat terakhir dihafal. Terakhir tahap evaluasi yang terdiri dari evaluasi harian, evaluasi kenaikan juz, dan evaluasi pertengahan atau akhir semester. Adapun terdapat kendala dalam menghafal Al-Qur’an, diantaranya kurangnya kemauan siswa, daya tangkap yang berbeda, kedisiplinan serta kelelahan sering menadi pemicu kemalasan untuk menghafal dan setoran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Tasalsuli, Menghafal Al-Qur’an
Subjects: 2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.07 Pendidikan, Pelatihan, Riset Al Qur'an
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NURROHMAH NURROHMAH sdri
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:51
Last Modified: 17 Jul 2024 03:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26401

Actions (login required)

View Item View Item