IMPLEMENTASI SELF MANAGEMENT DALAM MENCAPAI PREDIKAT HAFIDZ QUR’AN (STUDI KASUS SANTRI SMK DI PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN KEDUNGBANTENG)

Pratiwi, Hendrawati (2024) IMPLEMENTASI SELF MANAGEMENT DALAM MENCAPAI PREDIKAT HAFIDZ QUR’AN (STUDI KASUS SANTRI SMK DI PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN KEDUNGBANTENG). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
PRATIWI HENDRAWATI_ IMPLEMENTASI SELF MANAGEMENT.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Self Management merupakan kemampuan individu untuk mengatur diri sendiri dalam melakukan perencanaan, memutuskan perhatian, dan mengevaluasi aktivitas atau Tindakan yang dilakukan. Self management yaitu keterampilan yang sangat berharga dalam mengelola diri sendiri dan mencapai tujuan. Hafidz Qur’an merupakan proses yang melibatkan pengingatan, pengulangan dan memelihara bacaan Al-Qura’an yang dapat dihafal, dan dijaga dengan baik Menghafal Al-Qur’an membutuhkan kemampuan Self Management yang baik, dalam mengatur emosi, kesabaran, tawakal, memanajemen waktu, motivasi internal maupun ekstrenal. Kemampuan Self Management ini terbukti untuk menyelesaikan permasalahan personal pada individu penghafal Al-Qur’an maka proses menghafalnya semakin lancar. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keempat subjek menerapkan Self Management melakukan observasi dan wawancara terlebih dahulu bersama santri SMK yang berada di Pondok Pesantren Darul Qur’an Kedungbanteng. Dalam penelitian di dalam lingkungan Pondok Pesantren tersebut, terdapat 7 santri dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang tengah menempuh pendidikan. Dari jumlah tersebut hanya 4 diantaranya yang berhasil menerapkan konsep Self management secara konsisten. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan keempat subjek menjunjukkan kemampuan self management yang yang luar biasa, yang berperan penting dalam keberhasilan dalam menerapkan self management dalam dirinya. Mereka mampu mengatur waktu dengan efektif, membagi waktu antara menghafal dan belajar, dan dapat menetapkan prioritas dengan baik. Disiplin dengan adanya jadwal yang dapat memastikan tugas-tugas dan menghafal dapat selesai dengan tepat waktu. Kata Kunci: Self Management, Hafidz Qur’an, Santri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Self Management, Hafidz Qur’an, Santri
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
2x1 Al Qur'an dan Ilmu Berkaitan > 2x1.1 Ilmu Al Qur'an
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: PRATIWI HENDRAWATI s
Date Deposited: 17 Jul 2024 03:06
Last Modified: 17 Jul 2024 03:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26389

Actions (login required)

View Item View Item