ANALISIS EFEKTIVITAS PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DENGAN AGUNAN TIDAK BERWUJUD DI BPRS SURIYAH CILACAP (STUDI KASUS PRODUK PEMBIAYAAN SERTIFIKASI GURU)

IKA, FITROTUN NISA (2024) ANALISIS EFEKTIVITAS PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DENGAN AGUNAN TIDAK BERWUJUD DI BPRS SURIYAH CILACAP (STUDI KASUS PRODUK PEMBIAYAAN SERTIFIKASI GURU). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
IKA FITROTUN NISA_ANALISIS EFEKTIVITAS PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DENGAN AGUNAN TIDAK BERWUJUD DI BPRS SURIYAH CILACAP (STUDI KASUS PRODUK PEMBIAYAAN SERTIFIKASI GURU).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Seiring dengan berjalannya waktu kebutuhan masyarakat semakin meningkat sedangkan dana yang dimiliki tidak bisa mencukupi semua kebutuhan hidup, oleh karena itu bank memberikan sebuah solusi kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan, dengan syarat yang sudah ditentukan berupa jaminan guna meminimalisir risiko pembiayaan. Produk pembiayaan sertifikasi guru merupakan salah satu produk pembiayaan untuk guru yang menggunakan sertifikasi pendidik sebagai jaminan. Pada BPRS Suriyah Cilacap menunjukan bahwa terdapat nasabah pembiayaan sertifikasi guru yang bermasalah dengan menggunakan sertifikasi pendidik, buku tabungan dan kartu ATM sebagai jaminan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menggali lebih dalam mengenai mekanisme pembiayaan sertifikasi guru dan bagaimana penyelesaian pembiayaan akad murabahah bermasalah pada produk pembiayaan sertifikasi guru yang dilakukan oleh BPRS Suriyah Cilacap. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan teknik wawancara (purposive sampling) secara mendalam terhadap Kepala bidang pemasaran dan Remedial yaitu Bapak Suprayitno dan Bapak Fauzan. Selain itu peneliti juga melakukan observasi dan pengumpulan data dan dokumen seperti mekanisme pembiayaan sertifikasi guru, syarat dan ketentuan pembiayaan sertifikasi guru, rekapan nasabah yang mengalami pembiayaan bermasalah pada pembiayaan sertifikasi guru dengan tujuan menganalisis serta mendapatkan informasi bagaimana efektivitas penyelesaian pembiayaan bermasalah pada produk pembiayaan murabahah dengan agunan tidak berwujud. Hasil penelitian menjelaskan bahwa mekanisme dalam pembiayaan sertifikasi guru sama dengan pembiayaan lain, perbedaannya hanya terletak pada jaminan yaitu sertifikasi pendidik, buku tabungan, kartu ATM dan terdapat pernyataan pada akad bahwa nasabah tidak boleh melakukan penggandaan kartu ATM dan dilarang untuk menggunakan mobile banking. Penyelesaian pembiayaan akad murabahah bermasalah pada produk pembiayaan sertifikasi guru yang dilakukan oleh BPRS Suriyah Cilacap yaitu pendekatan kekeluargaan (musyawarah mufakat), pemberian Surat Peringatan dan Surat Panggilan, restrukturisasi, dan penyelesaian melalui jalur hukum. Penyelesaian pembiayaan yang dilakukan oleh BPRS Suriyah Cilacap dapat dikatakan cukup efektif, karena dengan kurang kuatnya jaminan pada pembiayaan sertifikasi guru BPRS Suriyah Cilacap melakukan penambahan jaminan yang sudah tertera pada akad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembiayaan Bermasalah, Akad Murabahah
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.2 Lembaga Perbankan Khusus
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ika Fitrotun Nisa Sdri
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:47
Last Modified: 17 Jul 2024 02:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26387

Actions (login required)

View Item View Item