EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBANTUAN MEDIA SAPA PELANGI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MI YA BAKII KALISABUK 02 KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP

Tasbihah, Tasbihah (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS BERBANTUAN MEDIA SAPA PELANGI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MI YA BAKII KALISABUK 02 KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Tasbihah_Efektivitas Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions Berbantuan Media Sapa Pelangi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa MI Ya BAKII Kalisabuk 02 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Matematika adalah mata pelajaran yang diajarkan di semua jenjang sekolah dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Karena Matematika sangat penting dan erat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun kenyataanya masih banyak siswa yang menganngap bahwa Matematika adalah pelajaran yang sulit, sehingga banyak yang belum termotivasi dan hasil belajar belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan media sapa pelangi terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa MI Ya BAKII Kalisabuk 02 Kecamatn Kesugihan Kabupaten Cilacap. Media sapa pelangi menggabungkan elemen permainan warna dan konsep matematika untuk mempermudah pemahaman siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain matching pretest dan post-test control group. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan Uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Student Teams Achievement Divisions (STAD) berbantuan media sapa pelangi efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan N-Gain kategori “Cukup efektif” (59) Sebaliknya, kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional menunjukkan hasil N-Gain yang “Kurang efektif” (42). Untuk hasil belajar pada kelas eksperimen, model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media sapa pelangi menunjukkan peningkatan dengan kategori “efektif” sementara pada kelas kontrol menunjukkan hasil yang “cukup efektif” (59) Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD berbantuan media sapa pelangi efektif dalam memvisualisasikan konsep matematika yang kompleks dan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Student Teams Achievement Divisions, Media Sapa Pelangi, Motivasi dan Hasil belajar.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 503 Dictionaries and encyclopedias
500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tasbihah Tasbihah sdri
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:44
Last Modified: 17 Jul 2024 02:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26386

Actions (login required)

View Item View Item