IMPLEMENTASI METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DALAM KETERAMPILAN MENULIS DASAR SISWA KELAS II MI MUHAMMADIYAH KRAMAT

Lisna, Nuraini (2024) IMPLEMENTASI METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DALAM KETERAMPILAN MENULIS DASAR SISWA KELAS II MI MUHAMMADIYAH KRAMAT. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Puwokerto.

[img]
Preview
Text
Lisna Nuraini_Implementasi Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Dalam Keterampilan Menulis Dasar Siswa Kelas II MI Muhammadiyah Kramat.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Metode struktural analitik sintetik (SAS) adalah pendekatan dengan menganalisis struktur kalimat, kemudian proses analitik atau menguraikan menjadi komponen yang lebih kecil, dan sintetik atau menggabungkannya kembali seperti semula. Metode SAS digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis dasar pada tingkat pendidikan dasar. Keterampilan menulis adalah kegiatan menuangkan ide, gagasan, dan perasaannya ke dalam bentuk tulisan. Keterampilan menulis ini termasuk dalam salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa sekolah dasar (SD). Berdasarkan observasi penelitian di MI Muhammadiyah Kramat, peneliti masih menemukan siswa yang kurang lancar dalam menulis. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah metode yang dapat digunakan dalam meningkatkan keterampilan menulis pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi keterampilan menulis melalui metode struktural analitik sintetik (SAS). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di MI Muhammadiyah Kramat, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas. Objek penelitian ini adalah implementasi keterampilan menulis melalui metode SAS siswa kelas 2 MI Muhammadiyah Kramat dengan jumlah siswa adalah 21 siswa. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas 2, dan siswa kelas 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode SAS dapat diterapkan pada pembelajaran keterampilan menulis dasar. Penerapan metode SAS dilakukan dengan cara siswa menulis secara struktural atau secara lengkap, kemudian melakukan penguraian kalimat menjadi kata, suku kata, huruf dan terakhir menggabungkan kembali huruf menjadi suku kata, kata dan kalimat utuh seperti semula. Dengan guru menerapkan metode SAS pada keterampilan menulis dasar, siswa yang kurang lancar dalam menulis menjadi lancar dalam menulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS), Keterampilan Menulis
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.344 Pendidikan Keterampilan Khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lisna Nuraini sdri
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:07
Last Modified: 17 Jul 2024 02:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26380

Actions (login required)

View Item View Item