EDUKASI LITERASI KEUANGAN SEBAGAI PEMUTUS RANTAI SANDWICH GENERATION DALAM MEMPERSIAPKAN KESEJAHTERAAN FINANSIAL INDIVIDU (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri di Purwokerto)

Netrallita Athikha, Prihandoko (2024) EDUKASI LITERASI KEUANGAN SEBAGAI PEMUTUS RANTAI SANDWICH GENERATION DALAM MEMPERSIAPKAN KESEJAHTERAAN FINANSIAL INDIVIDU (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri di Purwokerto). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NETRALLITA ATHIKHA PRIHANDOKO_EDUKASI LITERASI KEUANGAN SEBAGAI PEMUTUS RANTAI SANDWICH GENERATION DALAM MEMPERSIAPKAN KESEJAHTERAAN FINANSIAL INDIVIDU.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sandwich Generation merupakan sebuah kondisi seseorang yang terhimpit diantara dua generasi yang berbeda, yaitu generasi atasnya (orang tua) dan bawahnya (anak/adik/ saudara lainnya). Penelitian ini bertujuan untuk mempersiapkan penduduk usia produktif khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri di Purwokerto yang memiliki mata kuliah mengenai manajemen keuangan dan sedang mengalami kondisi sandwich generation sebagai upayanya dalam penerapan literasi akan pentingnya pengelolaan keuangan dalam mempersiapkan kesejahteraan finansial individu nantinya. Mietiodie yang digunakan dalam pienielitian ini yaitu diengan piendiekatan kualitatif dalam bientuk analisa data yang biersifat subjiektif. Subjiek pada pienielitian ini mierupakan mahasiswa Fakultas iEkioniomi dan Bisnis yang bierkuliah pada Univiersitas Niegieri yang bierada di Purwiokiertio. Jumlah subjek penelitian ini diantaranya 2 mahasiswa FiEBI Univiersitas Islam Niegieri Saifuddin Zuhri Purwiokiertio dan 3 mahasiswa FiEB Univiersitas Jiendieral Sioiedirman Purwiokiertio. Tieknik piengumpulan data pada pienielitian ini mienggunakan cara wawancara, iobsiervasi dan diokumientasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa masih banyak mahasiswa sandwich generation yang tidak sadar sedang mengalami sandwich generation. Maka dari itu, untuk mencapai kesejahteraan finansial bagi seorang sandwich generation memerlukan edukasi literasi keuangan sebagai strategi dalam pengelolaan mengenai keuangan. Sandwich generation bukanlah masalah yang tidak memiliki jalan keluarnya, namun seorang yang sandwich generation harus memiliki motivasi dan kerja cerdas lebih agar dapat memutus rantai sandwich generation dan mendapatkan kesejahteraan finansial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan, Sandwich Generation, Kesejahteraan Finansial.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Netrallita Athikha Prihandoko Sdri
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:03
Last Modified: 17 Jul 2024 02:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26379

Actions (login required)

View Item View Item