PENGARUH PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY DAN FINANCIAL LITERACY TERHADAP KINERJA UMKM DENGAN INKLUSI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI UMKM MAKANAN DAN MINUMAN DI KECAMATAN BUMIAYU)

Nopiyatul, Isnaini (2024) PENGARUH PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY DAN FINANCIAL LITERACY TERHADAP KINERJA UMKM DENGAN INKLUSI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI UMKM MAKANAN DAN MINUMAN DI KECAMATAN BUMIAYU). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nopiyatul Isnaini_ Pengaruh Penggunaan Financial Technology dan Financial literacy terhadap Kinerja UMKM dengan Inklusi Keuangan sebagai variabel Moderasi (Studi UMKM makanan dan minuman di Kecamatan Bumiay.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembangunan ekonomi di Indonesia tidak terlepas dari peran usaha mikro kecil menengah (UMKM). Berkembangnya peran (UMKM) berdampak positif terhadap jumlah tenaga kerja, mengurangi kemiskinan dan juga meningkatkan pendapatan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh penggunaan financial technology dan financial literacy terhadap Kinerja peran (UMKM) dengan inklusi keuangan sebagai Moderasi. Novelty dari penelitian ini terletak pada inklus keuangan sebagai variabel moderasi, yang sebelumnya belum banyak diteliti. Peneliti tertarik menggunakan penelitian ini karena inklusi keuangan sebagai upaya memastikan akses ke produk dan layanan keuangan, dapat mempengaruhi hubungan antara financial technology dan financial literacy terhadap kinerja peran (UMKM), sehingga memberikan wawasan baru tentang dinamika kinerja di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data primer diperoleh dengan teknik non-probability sampling dan menghasilkan 129 responden. Dalam penelitian ini dianalisis menggunakan software SmartPLS 4.1.0.3. dengan metode regresi linier berganda serta analisis moderasi (MRA). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kedua financial technology dan financial literacy berpengaruh signifikan terhadap kinerja (UMKM), begitu pada Inklusi keuangan juga berpengaruh signifikan terhadap kinerja peran (UMKM). Sementara itu untuk efek moderasi diketahui bahwa Inklusi keuangan memperlemah pengaruh financial technology terhadap kinerja UMKM dan inklusi keuangan juga memoderasi dengan memperlemah financial literacy terhadap kinerja peran (UMKM). Hal tersebut mungkin disebabkan oleh keterbatasan akses layanan keuangan yang masih belum optimal dan rendahnya pemahaman pelaku peran (UMKM) terhadap manfaat inklusi keuangan. Hasil R-Square dengan nilai 0.77, artinya sudah memenuhi syarat R-square yang baik. Sehingga dapat dikatakan nilai Kinerja peran (UMKM yang dijeaskan financial technology, financial literasi dan inklusi keuangan merupakan variabel moderat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Financial technology, Financial Literacy, Kinerja UMKM, Inklusi Keuangan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Nopiyatul Isnaini Sdri
Date Deposited: 17 Jul 2024 01:56
Last Modified: 17 Jul 2024 01:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26377

Actions (login required)

View Item View Item