PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DRUMBAND BERBASIS NOTASI MUSIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KECERDASAN MUSIKAL ANAK DI RA DIPONEGORO 184 SUMBANG BANYUMAS

Danisa Ayu, Az-zahra (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DRUMBAND BERBASIS NOTASI MUSIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KECERDASAN MUSIKAL ANAK DI RA DIPONEGORO 184 SUMBANG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
DANISA AYU AZ-ZAHRA_PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN DRUMBAND BERBASIS NOTASI MUSIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KECERDASAN MUSIKAL ANAK DI RA DIPONEGORO 184 SUMBANG BANYUMAS.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pembelajaran drumband berbasis notasi musik dalam bentuk modul ajar yang dapat digunakan oleh peserta didik dan guru. Permasalahan yang sering terjadi dalam pembelajaran drumband seringkali disebabkan oleh kemampuan peserta didik dalam membaca notasi musik dan kebutuhan guru akan bahan ajar drumband. Bahan ajar pembelajaran merupakan sebuah unsur penting dalam proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk memberikan stimulus baik dalam aspek pikiran, perasaan, perhatian, dan keterampilan peserta didik sehingga dapat mendorong proses pembelajaran yang aktif dan menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini termasuk dalam penelitian R&D (Research And Development). Tahap dalam penelitian ini meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, angket, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif yang diperoleh dari observasi, wawancara. data kuantitatif yang diperoleh dari hasil uji validasi dan uji coba bahan ajar pembelajaran dalam bentuk modul ajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahan ajar pembelajaran drumband berbasis notasi musik akan dikembangkan dalam bentuk modul ajar dengan melalui tahap validasi desain: (1) validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan media memperoleh 91% yang artinya layak dengan predikat sangat bagus, dibuktikan dengan melihat aspek isi materi dan desain modul. (2) validasi yang dilakukan oleh ahli bahasa memperoleh nilai 98 % yang artinya layak dengan predikat sangat bagus, dibuktikan dengan melihat aspek kelayakan bahasa dan keterbacaan. (3) validasi ketiga yang dilakukan oleh pengguna memperoleh nilai 93% yang artinya layak dengan predikat sangat bagus, dibuktikan dengan melihat aspek isi materi dan desain modul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Bahan Ajar, Ekstrakurikuler, Drumband, Kecerdasan Musikal, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Danisa Ayu Az-zahra
Date Deposited: 17 Jul 2024 02:28
Last Modified: 17 Jul 2024 02:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26375

Actions (login required)

View Item View Item