ANALISIS DAMPAK KEMITRAAN PERITEL KECIL DENGAN PERUSAHAAN DISTRIBUSI FAST MOVING CONSUMER GOODS STUDI : DI KECAMATAN PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN

Farrah, Rizki Amalia (2024) ANALISIS DAMPAK KEMITRAAN PERITEL KECIL DENGAN PERUSAHAAN DISTRIBUSI FAST MOVING CONSUMER GOODS STUDI : DI KECAMATAN PETANAHAN KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Prof K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Farrah Rizki Amalia_Analisis Dampak Kemitraan Peritel Kecil Perusahaan Distribusi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi di industri ritel mengubah berbagai sektor, termasuk distribusi barang konsumen yang bergerak cepat (FMCG), meningkatkan pengiriman layanan publik dan ritel modern. Salah satu perusahaan yang melakukan distribusi Fast Moving Consumer Goods (FMCG) yaitu Sampoerna Retail Community (SRC). PT HM Sampoerna meraih penghargaan ASEAN Enterprise Innovation Award Indonesia 2023 atas kamajuan inovatif dan teknologi, dalam progam pemberdayaan toko kelontong. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di Kebumen karena banyak UMKM yang bergabung dengan SRC sejumlah 841. Oleh karena itu kita perlu mengetahui bagaimana dampak dan peran kemitraan melalui Fast Moving Consumer Goods di Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang sumber data berasal dari data primer, data sekunder yang di dapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yang terdiri atas tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan data dalam penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasanya dampak kemitraan melalui Fast Moving Consumer Goods yaitu ada aspek ekonomi dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), aspek sosial dan budaya dengan memberikan pendampingan dan bimbingan melalui paguyuban, aspek teknologi dengan mengembangkan usahanya melalui literasi digital, dan aspek manajemen diberikan pembinaan mengenai manajemen retail, manajemen keuangan, dan layanan pelanggan. Serta Sampoerna Retail Community (SRC) melalui pembinaan dan pendampingan sangat berperan dalam meningkatkan pendapatan dan persaingan toko, dan turut mendukung produk UMKM melalui pojok lokal untuk mendapatkan keuntungan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemitraan, Ritel, Fast Moving Consumer Goods (FMCG)
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi > 2x6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Farrah Rizki Amalia
Date Deposited: 16 Jul 2024 08:33
Last Modified: 16 Jul 2024 08:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26347

Actions (login required)

View Item View Item