MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD NEGERI 1 KRANJI PURWOKERTO

PUTRI, FATYA (2024) MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SD NEGERI 1 KRANJI PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Putri Fatya_Manajemen Kurikulum Merdeka Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 1 Kranji Purwokerto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen kurikulum sebagai pedoman yang digunakan oleh suatu lembaga pendidikan dalam melaksanakan proses pembelajaran. Tata kelola manajemen kurikulum yang baik akan menciptakan proses pembelajaran yang optimal untuk mencapai sebuah tujuan pendidikan. Profil pelajar pancasila yang diberikan saat proses belajar dan di implementasikan dalam projek penguatan profil pelajar pancasila akan membentuk peserta didik yang berkarakter dan berjiwa pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum merdeka dalam membentuk profil pelajar pancasila di SD Negeri 1 Kranji Purwokerto. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukan manajemen kurikulum merdeka dalam membentuk profil pelajar pancasila di SD Negeri 1 Kranji Purwokerto dimulai dari perencanaan, pengorganisasia, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan dilakukan pada awal semester yang melibatkan kepala sekolah dan guru membuat alur tujuan pembelajaran. Pada tahap pengorganisasian kepala sekolah membagikan tugas kepada tim yang sudah dibuat agar semua elemen dan sumber daya yang ada di sekolah terlibat. Tahap pelaksanaan manajemen kurikulum menerapkan aktivitas dari pengorganisasian dan perencanaan sebelumnya melalui projek penguatan profil pelajar pancasila. Pada tahap evaluasi pembelajaran dan kegiatan projek dilakukan evaluasi per semester secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Profil Pelajar Pancasila, Manajemen, Kurikulum
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Putri Fatya Nur Baety sdri
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:11
Last Modified: 16 Jul 2024 07:11
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26320

Actions (login required)

View Item View Item