IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENGUATAN KEMAMPUAN CRITICAL THINKING SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 2 AJIBARANG BANYUMAS

Itsna Khusnul, Latifah (2024) IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENGUATAN KEMAMPUAN CRITICAL THINKING SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 2 AJIBARANG BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
ITSNA KHUSNUL LATIFAH_IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENGUATAN KEMAMPUAN CRITICAL THINKING SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 2 AJIBARANG BANYUMAS.pdf

Download (8MB) | Preview
Official URL: https://uinsaizu.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi model Problem Based Learning dalam penguatan kemampuan critical thinking di SMP Negeri 2 Ajibarang. Fokus penelitian ini pada dua hal yaitu perencanaan dan pelaksanaan model PBL (Problem Based Learning) dalam penguatan kemampuan critical thinking siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi model Problem Based Learning dalam penguatan kemampuan critical thinking di SMP Negeri 2 Ajibarang. Dalam penelitian ini dilakukan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan yang dilakukan guru adalah pembuatan modul ajar yang disesuaikan pada materi yang dibahas dengan menggunakan model Problem Based Learning. Pelaksanaan yang dilakukan melalui tiga tahap, diantaranya: (1) Kegiatan pendahuluan yang dilakukan dalam membuka pelajaran dengan salam dan berdoa, memperhatikan kesiapan peserta didik, memeriksa kehadiran, menyampaikan model pembelajaran serta tujuan yang ingin dicapai, apersepsi. (2) Kegitan Inti dimulai dengan orientasi masalah, mengorganisasi peserta didik, membimbing penyelidikan individu dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. (3) Kegiatan penutup diakhiri dengan menyimpulkan pembelajaran yang sudah disampaikan, refleksi pencapaian siswa, menginformasikan kegiatan pembelajaran dipertemuan berikutnya, memberikan motivasi, membaca doa dan salam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Critical Thinking, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ITSNA KHUSNUL LATIFAH Sdri
Date Deposited: 16 Jul 2024 06:20
Last Modified: 16 Jul 2024 06:20
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26317

Actions (login required)

View Item View Item