IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DI SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DI SD NEGERI 02 SEGARALANGU KECAMATAN CIPARI KABUPATEN CILACAP)

SEVENTINA, LAILY (2024) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DI SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DI SD NEGERI 02 SEGARALANGU KECAMATAN CIPARI KABUPATEN CILACAP). Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
BU SEVEN FULL COVER -DAPUS REVISI 6.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dasar melibatkan integrasi penghargaan terhadap perbedaan agama dan keyakinan dalam kurikulum serta kegiatan ekstrakurikuler yang memperkuat toleransi. Selain itu, pembentukan tim komunikasi khusus dan kampanye publik membantu menyebarkan informasi dan memfasilitasi dialog terbuka untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya moderasi beragama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis tentang implementasi nilai�nilai moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari di SD Negeri 02 Segaralangu kecamatan Cipari kabupaten Cilacap. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat memperkaya khazanah serta kajian terkait tentang Implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, guru agama Budha dan peserta didik. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah tentang Implementasi nilai-nilai moderasi beragama dalam kehidupan sehari-hari di SD Negeri 02 Segaralangu kecamatan Cipari kabupaten Cilacap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri 02 Segaralangu berhasil mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler, menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif dan toleran. Dampak positif dari upaya ini terlihat baik di dalam sekolah maupun di komunitas sekitarnya, meningkatkan kesadaran dan penerimaan akan keberagaman agama.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implemetasi, Moderasi Beragama, Sekolah Dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: seventina laily sdri
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:15
Last Modified: 16 Jul 2024 07:15
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26311

Actions (login required)

View Item View Item