Pengembangan Media Pembelajaran Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII MTs Plus Al-Hidayah Kroya

Yuliana, Hidayatul Khoiroh (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII MTs Plus Al-Hidayah Kroya. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Yuliana Hidayatul Khoiroh_ Pengembangan Media Pembelajaran Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir .pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis siswa merupakan kemampuan proses sistematis yang memungkinkan seseorang untuk merumuskan dan mengevaluasi keyakinan dan pendapatnya sendiri. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa MTs Plus Al Hidayah Kroya, dikarenakan pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional menyebabkan siswa cepat bosan dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran komik dengan pendekatan realistik yang valid dan efektif untuk mengatasi rasa bosan dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII materi bangun ruang. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D ( Research and Development). Hasil dari penelitian ini menunjukkan media pembelajaran komik yang dikembangkan valid dengan validasi ahli media 80%, ahli materi 91,11%, dan ahli bahasa 82% yang kemudian memperoleh rata-rata presentase 84,37%. Kemudian media pembelajaran komik yang telah dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan hasil nilai posttest rata-rata siswa kelas eksperimen 73,17 lebih tinggi dari nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 40. Kemudian berdasarkan uji –t diperoleh nilai sebesar 0,000 dimana hasil tersebut lebih kecil dari batas taraf signifikansi 0,05. Maka media pembelajaran komik yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII MTs Plus Al Hidayah Kroya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Komik, Media Pembelajaran
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Yuliana Hidayatul Khoiroh sdri
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:28
Last Modified: 16 Jul 2024 07:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26304

Actions (login required)

View Item View Item