PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI MTs MA’ARIF NU 1 WANGON

SOFHIANTI, ARDINI (2024) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI MTs MA’ARIF NU 1 WANGON. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SOFHIANTI ARDINI_ PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI MTs MA’ARIF NU 1 WANGON..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan kemampuan yang sangat penting dan harus dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan model pembelajaran discovery learning dan reciprocal teaching terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU 1 Wangon dengan sampel kelas VIII A dan VIII D yang berjumlah 68 siswa. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan simple random sampling dimana proses pengambilan sampel diambil secara acara sederhana dengan undian. Penelitian dilakukan dengan memberikan dua perlakuan berbeda terhadap dua kelas, kelas eksperimen I dengan model pembelajaran discovery learning dan eksperimen II dengan model pembelajaran reciprocal teaching. Motode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk soal uraian pretest dan posttest. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil rata- rata posttest pada kelas eksperimen I yaitu 81,5 yang masuk pada kategori sangat tinggi dan hasil rata- raa posttest pada kelas eksperimen II yaitu 73,4 yang masuk pada kategori sedang. Berdasarkan analisis uji t dua sampel bebas signifikansi mendapatkan nilai signifikansi yaitu 0,000 yang mana lebih kecil dari batas taraf 0,05. Maka dapat disimpulkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajrana discovery learning dengan model reciprocal teaching. Kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning pada materi bangun ruang sisi datar memiliki rata- rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis yang menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching pada materi bangun ruang sisi datar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Perbandingan , Reciprocal Teaching.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sofhianti Ardini
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:48
Last Modified: 16 Jul 2024 03:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26283

Actions (login required)

View Item View Item