Annisa, Rahmaninda (2024) PENERAPAN METODE PEMBIASAAN DALAM PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI PAUD PERMATA HATI DESA JOMIN BARAT KECAMATAN KOTABARU KABUPATEN KARAWANG. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
Annisa Rahmaninda_Penerapan Metode Pembiasaan dalam Pembentukan Kemandirian Anak Usia Dini di PAUD Permata Hati Desa Jomin Barat Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Metode pembiasaan merupakan salah satu metode dalam pembelajaran yang membiasakan peserta didik untuk melakukan kegiatan atau aktivitas tertentu. Salah satu aspek perilaku yang harus dimiliki anak adalah kemandirian. Mandiri merupakan sikap dimana seseorang mampu memiliki kemampuan dalam mengaktualisasi keinginan dan kebutuhan hidupnya dengan kekuatan sendiri. Metode pembiasaan menjadi solusi dalam permasalahan rendahnya kemandirian anak usia dini sehingga menghambat memasuki ke jenjang yang lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode pembiasaan dalam pembentukan kemandirian anak usia dini di PAUD Permata Hati. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Untuk teknik uji keabsahan data yaitu menggunakan uji kredibilitas yang dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa penerapan metode pembiasaan dalam pembentukan kemandirian anak usia dini di PAUD Permata Hati sudah berhasil. Indikasi keberhasilannya dapat dilihat dari terbentuknya kemandirian peserta didik melalui 7 indikator kemandirian anak usia dini. Proses penerapan metode pembiasaan di PAUD Permata Hati diantaranya, pemberian contoh dan bantuan kepada anak, membimbing dan mengarahkan anak, mengingatkan anak ketika lupa melakukan, serta mengapresiasi setiap pertumbuhan kemandirian anak. Dengan metode pembiasaan, peserta didik menjadi lebih mandiri dalam melakukan kegiatan baik dalam aspek emosi, fisik, intelektual dan sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Metode pembiasaan, Kemandirian Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 School Discipline |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Annisa Rahmaninda |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 02:22 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 02:22 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26265 |
Actions (login required)
View Item |