KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU PAI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD ISLAM TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO

Ainindita, Febrianti (2024) KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU PAI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD ISLAM TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
AININDITA FEBRIANTI_KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU PAI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SD ISLAM TERPADU PUTRA HARAPAN PURWOKERTO.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi dalam peningkatan kompetensi pedagogik dan professional guru PAI yang merupakan dalam pembelajaran guru kurang menguasai kompetensi terutama yang dimana siswa pada merupakan masa transisi penting bagi siswa sekolah dasar dimana siswa mulai menunjukan kemampuan dalam berpikir kritis dan pemahaman yang lebih mendalam terhadap materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan kompetensi pedagogik dan profesional guru PAI dalam implementasi kurikulum merdeka belajar di SD islam terpadu putra harapan purwokerto. Metode yang dilakukan dalam pengumpulan data melalui Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu Reduksi data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan. Dari hasil penelitian yang diperoleh peneliti mengenai peningkatan kompetensi pedagogik dan profesional guru PAI dalam implementasi kurikulum merdeka belajar di SD Islam Terpadu Putra Harapan Purwokerto dapat dilihat dari indikator-indikator yaitu, indikator kompetensi pedagogik diantaranya: a. Pemahaman tentang karakteristik siswa, b. Pemahaman tentang teori, prinsip pembelajaran mendidik, c. Peningkatan potensi siswa untuk menerapkan potensi yang dimiliki, d. Pengembangan kurikulum. Guru harus dapat membuat silabus yang sesuai dengan kurikulum, e. Kegiatan pendidikan yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa, f. Berkomunikasi dengan siswa dengan cara yang efektif, sopan, dan empati, g. Evaluasi dan penilaian. Sedangkan kompetensi profesional diantaranya: a. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu, b. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran atau bidang pengembangan yang diampu, c. Mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif, d. Melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan keprofesionalan secara berkelanjutan, e. Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, Guru PAI, Kurikulum Merdeka.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3309 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ainindita Febrianti sdri
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:30
Last Modified: 16 Jul 2024 02:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26263

Actions (login required)

View Item View Item