IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 01 BANTARKAWUNG BREBES

Rizki Laelatul, Azizah (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 01 BANTARKAWUNG BREBES. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Rizki Lelatul Azizah_IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 01 BANTARKAWUNG BREBES.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Rizki Lelatul Azizah_IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMAN 01 BANTARKAWUNG BREBES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi model pembelajaran contextual and teaching learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 01 Bantarkawung Brebes. Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) sedang banyak digunakan oleh guru, termasuk guru pengampu mata palajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XI di SMAN 01 Bantarkawung Brebes sebagai upaya peningkatan dan pertahanan kualitas pembelajaran. Pada mata pelajaran tersebut, guru telah melakukan berbagai upaya agar pembelajaran berjalan dengan efektif dan menyenangkan bagi siswa, dengan dilakukan diskusi kelompok dan melakukan inovasi menggunakan teknologi seperti video atau berbasis media sosial lainnya. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada apa yang dilakukan oleh guru pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 01 Bantarkawung Brebes mengenai model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL). Adapun waktu penelitian ini, maka dimulai dari observasi pendahuluan pada bulan Januari 2024 dan penelitian di bulan April hingga Mei 2024. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis data Milles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Perkembangan pembelajaran yang dilakukan di SMAN 1 Bantarkawung Brebes semakin baik. Guru lebih kreaif, mulai dari perkembangan strategi, metode, media, peralatan, penggunaan game, dan variasi model pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan lebih bervariasi disesuaikan dengan materi dan suasana kelas. Dampak mengenai penggunaan model pembelajaran contextual and teaching learning sangat banyak, baik bagi peserta didik maupun bagi guru. Peserta didik menjadi lebih aktif dan dapat mengkontekstualkan pengetahuannya dalam kehidupan sehari-hari. Begitu juga terhadap guru, model pembelajaran ini membawa pengaruh yang luar biasa bagi kompetensi guru. Berkaitan dengan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran contextual and teaching learning, poin utama dari keberhasilan ini adalah peserta didik dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Contextual and Teaching Learning, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: RIZKI LAELATUL AZIZAH Sdri
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:00
Last Modified: 16 Jul 2024 03:00
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26244

Actions (login required)

View Item View Item