PENGEMBANGAN POTENSI DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO

Bara, Pradikuswara (2024) PENGEMBANGAN POTENSI DIRI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP BOARDING SCHOOL PUTRA HARAPAN PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Bara Pradikuswara_Pengembangan Potensi Diri Anak Berkebutuhan Khusus di SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengembangan potensi diri merupakan hal penting yang dimiliki oleh individu. Hal ini bertujuan memberi siswa kesempatan mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai minat dan bakat mereka. Namun pada realitanya terdapat anak berkebutuhan khusus yang seringkali mengalami kesulitan dalam pembelajaran dan pengembangan potensi diri. SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto memiliki program yang dirancang khusus untuk mengembangkan potensi diri pada anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan potensi diri yang diselenggarakan oleh SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto. Bekaitan dengan penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif yang dibarengi dengan pendekatan field research. Subjek dalam penelitian ini ialah guru pendamping serta siswa berkebutuhan khusus. Metode pengumpulan data meliputi metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yang didapatkan di SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis Induktif model Hubermen secara terus menerus dan interaktif. Hasil dari penelitian ini adalah dalam pengembangan potensi diri di SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto mencakup aspek akademik dan non-akademik melalui kelas TIK, melukis, memasak, dan menjahit. Selain itu, mereka berkoordinasi dengan orang tua melalui POMG (Pertemuan Orang Tua Murid dan Guru). Prestasi dan partisipasi siswa berkebutuhan khusus dalam berbagai kompetisi menunjukkan bahwa sekolah ini telah berhasil mengidentifikasi dan mengembangkan potensi diri mereka dengan efektif. Sehingga SMP Boarding School Putra Harapan Purwokerto telah berhasil menerapkan strategi pengembangan diri yang sesuai dengan prinsip-prinsip Self-Determination Theory (SDT) dari Richard Ryan dan Edward Deci, hal tersebut mengingat pendekatan ini membantu anak berkebutuhan khusus menjadi individu yang percaya diri, mandiri, dan mampu berkontribusi aktif dalam masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa sekolah ini berhasil dalam mengidentifikasi dan mengembangkan potensi diri anak berkebutuhan khusus dengan memenuhi kebutuhan dasar mereka akan otonomi, kompetensi, dan hubungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Potensi Diri, Inklusif, Anak Berkebutuhan Khusus.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Bara Pradikuswara
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:46
Last Modified: 16 Jul 2024 01:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26241

Actions (login required)

View Item View Item