ANALISIS KEMUDAHANAN, KEAMANAN DAN KEBERMANFAATAN TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI I-RA PAY (STUDI KASUS BMT RUKUN ABADI KANTOR KAS CABANG PURBALINGGA)

Nurhuda, Nurhuda (2024) ANALISIS KEMUDAHANAN, KEAMANAN DAN KEBERMANFAATAN TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI I-RA PAY (STUDI KASUS BMT RUKUN ABADI KANTOR KAS CABANG PURBALINGGA). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
NURHUDA_ANALISIS KEMUDAHAN, KEAMANAN DAN KEBERMANFAATAN TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI I-RA PAY (STUDI KASUS BMT RUKUN ABADI KANTOR KAS CABANG PURBALINGGA).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Aplikasi BMT Rukun Abadi (I-RA Pay) adalah satu fasilitas dalam bentuk digital yang dimiliki oleh BMT Rukun Abadi yang berbasis sistem dan smartphone. Aplikasi I-RA Pay dapat memberikan pelayanan kepada anggota untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas dari produk-produk yang ada didalam aplikasi tersebut. Layanan baru ini menawarkan kemudahan, keamanan, dan manfaat bagi anggota mulai dari melakukan tabungan dan transaksi lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi kemudahan, keamanan, dan kebermanfaatan terhadap penggunaan aplikasi I-RA Pay di BMT Rukun Abadi Kantor Kas Cabang Purbalingga. Jenis metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti merupakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Cabang BMT Rukun Abadi Purbalingga, Remidial, dan anggota pengguna aplikasi I-RA Pay. Sedangkan, objek dalam penelitian ini adalah persepsi kemudahan, keamanan dan kebermanfaatan terhadap penggunaan aplikasi I-RA Pay. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekuder yang merupakan data dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan terdapat tiga macam triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik pengumpulan data, dan waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persepsi kemudahan, keamanan dan kebermanfaatan sangat berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengunaan aplikasi I-RA Pay. Aplikasi ira pay di BMT Rukun Abadi memberikan kemudahan, keamanan, dan manfaat bagi karyawan dan anggota/anggota. Aplikasi ini memudahkan transaksi, memberikan tingkat keamanan yang tinggi, dan memberikan beberapa manfaat seperti transfer dan pembayaran yang praktis, pencatatan mutasi rekening yang rapi, kemudahan dalam mengetahui sumber dana, dan fleksibilitas dalam pembayaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Kemudahan, Keamanan, Kebermanfaatan.
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.266 Islam and technology
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: NURHUDA NURHUDA sdr
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:33
Last Modified: 16 Jul 2024 04:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26236

Actions (login required)

View Item View Item