IMPLEMENTASI METODE QIRA'AH JAHRIYAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS MA'ARIF NU 1 CILONGOK BANYUMAS

Suci, Wulandari (2024) IMPLEMENTASI METODE QIRA'AH JAHRIYAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS MA'ARIF NU 1 CILONGOK BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SUCI WULANDARI_IMPLEMENTASI METODE QIRA'AH JAHRIYAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTS MA'ARIF NU 1 CILONGOK BANYUMAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Arab seringkali ditemui peserta didik yang belum lancar dalam membaca teks Arab. Dalam hal ini metode qira’ah jahriyah merupakan salah satu metode dalam pembelajaran bahasa Arab yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan membaca bagi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Metode Qira’ah Jahriyah dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs Ma’arif NU 1 Cilongok Banyumas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dengan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses implementasi metode qira’ah jahriyah berjalan melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan seperti perumusan tujuan, materi yang memuat teks qira’ah baik berupa cerita maupun percakapan, metode dan strategi, media pembelajaran serta evaluasi. Selanjutnya pelaksanaan yang terdiri atas kegiatan pendahuluan, kegiatan inti yang berupa pembacaan teks qira’ah serta kegiatan penutup. Tahap terakhir yaitu evaluasi untuk mengukur kemampuan peserta didik. Dalam metode qira’ah jahriyah terdapat faktor penghambat berupa banyak peserta didik yang belum menguasai huruf hijaiyah, kurangnya minat dan motivasi serta sarana prasarana yang kurang memadai. Sedangkan faktor pendukungnya adalah kemampuan guru, serta program BTA yang diselenggarakan oleh pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Bahasa Arab, Metode Qira’ah Jahriyah.
Subjects: 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic > 492.7 Bahasa Arab > 492.707 Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Suci Wulandari sdri
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:50
Last Modified: 16 Jul 2024 01:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26224

Actions (login required)

View Item View Item