IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI MA'ARIF NU 1 SOKAWERA, KECAMATAN CILONGOK, KABUPATEN BANYUMAS

Chofifatul, Mu'azzaroh (2024) IMPLEMENTASI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS IV MI MA'ARIF NU 1 SOKAWERA, KECAMATAN CILONGOK, KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-CHOFIFATUL-1917405045_compressed.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian mengenai implementasi metode dril ini dilatar belakangi karena metode drill memberikan perubahan dalam proses pembelajaran. Ketika pembelajaran dilakukan hanya dengan metode ceramah, peserta didik akan merasa bosan dan mengantuk sehingga membuat peserta didik sulit memahami materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode dril dalam pembelajaran bahasa Arab siswa kelas IV MI Ma’arif NU 1 Sokawera kecamatan Cilongok kabupaten Banyumas dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi metode dril dalam pembelajaran bahasa Arabsiswa kelas IV MI Ma’arif NU 1 Sokawera kecamatan Cilongok kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan secara sistematis yang menghasilkan data secara langsung dengan cara terjun ke lapangan. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan metode dril dalam pembelajaran bahasa Arab dengan guru mulai melafalkan kosakata bahasa arab, lalu peserta didik ikut melafalkan sesuai dengan yang di ucapkan oleh guru. Guru mengulang-ulang kosakata tersebut sebanyak 2-3 kali, selanjutnya guru mengartikan kosakata tersebut. Setelah kosakata bahasa Arab sudah di lafalkan secara keseluruhan, peserta didik yang sudah hafal diminta maju kedepan secara bergantian untuk menyetorkan hafalannya, dimana hal ini untuk melatih ketrampilan siswa dalam menyerap dan memahami materi dengan jelas dan benar. Kemudian guru memberikan latihan kepada siswa untuk mengerjakan soal bahasa Arab sebagai evaluasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Dril, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
400 Language > 402 Miscellany
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Chofifatul Mu'azzaroh sdri
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:08
Last Modified: 16 Jul 2024 02:08
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26219

Actions (login required)

View Item View Item