PENERAPAN PEMBELAJARAN MODUL 3 (NUMERASI) PROGRAM PINTAR TANOTO FOUNDATION DI KELAS AWAL MADRASAH MITRA DI KABUPATEN CILACAP

Umi, Martuti (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN MODUL 3 (NUMERASI) PROGRAM PINTAR TANOTO FOUNDATION DI KELAS AWAL MADRASAH MITRA DI KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, UIN SAIZU Purwokerto.

[img]
Preview
Text
UMI MARTUTI_224120300004.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Banyak penelitian dan survei yang dilakukan oleh lembaga pendidikan dan pemerintah yang menunjukkan rendahnya kemampuan numerasi siswa sekolah dasar. Numerasi menjadi komponen utama dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai pengganti Ujian Nasional. AKM dirancang untuk mengukur kapasitas siswa terkait dengan kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi). Tes harian, ulangan semester, atau evaluasi berkala sering kali mengungkapkan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan memecahkan masalah matematika, atau mengaplikasikan konsep matematika dalam konteks kehidupan nyata. Pada tahun 2019 kabupaten Cilacap bermitra dengan Tanoto Foundation dalam program Pintar. Keberhasilan program Pintar di provinsi lain salah satunya pada pembelajaran numerasi yang dikembangkan melalui praktik-praktik baik dalam pembelajaran aktif, hal tersebut menjadi alasan peneliti ingin mengetahuai keberhasilan pembelajaran numerasi di kabupaten Cilacap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan pembelajaran Modul 3 (Numerasi) di kelas awal madrasah mitra Tanoto Foundation di Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode study kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang diperoleh melalui reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Numerasi pada Modul 3 dilakukan melalui tahapan-tahapan yang terdiri dari 3 tahap yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan pembelajaran, dan tahap evaluasi. Tahap perencanaan ketiga madrasah mitra melakukan pengimbasan Modul 3(Numerasi). Pada Tahap Pelaksanaan seluruh guru madrasah mitra melakukan persiapan dengan membuat skenario pembelajaran (RPP) sesuai dengan kebutuhan siswa. Tahap ketiga dilakukan evaluasi pembelajaran. Pada tahap Evaluasi menunjukan adanya peningkatan prestasi belajar dan guru menjadi semakin kreatif. Kata kunci : Penerapan, Modul 3, Numerasi, Program Pintar IMPLEMENTATION OF LEARNING MODULE 3 (NUMERATION) OF THE TANOTO FOUNDATION SMART PROGRAM IN MITRA WAL MADRASAH CLASS IN CILACAP DISTRICT By: Umi Martuti NIM. 224120300004 ABSTRACT Many studies and surveys conducted by educational institutions and the government show the low numeracy abilities of elementary school students. Numeracy is the main component in the Minimum Competency Assessment (AKM) as a substitute for the National Examination. AKM is designed to measure student capacity related to the ability to reason using mathematics (numeracy). Daily tests, semester tests, or periodic evaluations often reveal that most students still have difficulty solving mathematical problems, or applying mathematical concepts in real-life contexts. In 2019 Cilacap district partnered with the Tanoto Foundation in the Pintar program. One of the successes of the Smart program in other provinces is numeracy learning which was developed through good practices in active learning, this is the reason researchers want to know the success of numeracy learning in Cilacap district. The aim of this research is to describe and analyze the implementation of Module 3 (Numeracy) learning in the early classes of Tanoto Foundation partner madrasas in Cilacap Regency. This research is field research, the type of research used is qualitative research using the case study method. Research data was obtained through observation, interviews and documentation. Analysis of data obtained through data reduction, data presentation, and data verification/drawing conclusions. The research results show that the implementation of Numeracy learning in Module 3 is carried out through stages consisting of 3 stages, namely: planning stage, learning implementation stage, and evaluation stage. The third planning stage of the partner madrasah is to examine Module 3 (Numeracy). In the Implementation Stage, all partner madrasah teachers make preparations by creating learning scenarios (RPP) according to student needs. The third stage is a learning evaluation. The evaluation stage shows an increase in learning achievement and teachers become more creative. Keywords: Implementation, Module 3, Numeracy, Program Pintar

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Pembelajaran, Modul 3, Numerasi, Program Pintar
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Umi Martuti sdri
Date Deposited: 16 Jul 2024 02:19
Last Modified: 16 Jul 2024 02:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26215

Actions (login required)

View Item View Item