PERAN UNIT USAHA MASJID DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN EKONOMI (Studi Pada Masjid Fatimatuzzahra Purwokerto Utara)

Yafi, Alfarik (2024) PERAN UNIT USAHA MASJID DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN EKONOMI (Studi Pada Masjid Fatimatuzzahra Purwokerto Utara). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
YAFI ALFARIK_PERAN UNIT USAHA MASJID DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN EKONOMI (Studi Pada Masjid Fatimatuzzahra Purwokerto Utara).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masjid memiliki peran yang sangat luas dalam mendukung berbagai lini kehidupan umat Islam. Pergeseran peran dan fungsi masjid perlu dikembalikan agar masjid menjadi pusat kegiatan umat. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana peran unit usaha dalam meningkatkan kemandirian ekonomi Masjid Fatimatuzzahra Purwokerto. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kontribusi unit usaha masjid dalam meningkatkan kemandirian ekonomi masjid. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu ketua takmir, ketua operasional, dan manajer unit usaha masjid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran unit usaha berdasarkan teori peran meliputi aksi, patokan, dan penilaian melalui diversifikasi pendapatan dari sumber daya yang dimiliki. Sumber daya tersebut kemudian dikelola untuk mendirikan usaha minimarket, klinik kesehatan, air mineral, jasa akikah, kurban, umrah, dan wedding & event organizer. Unit usaha yang dihadirkan juga memberikan solusi atas permasalahan jamaah. Peran unit usaha dalam peningkatan kemandirian ekonomi masjid meliputi peningkatan jenis usaha, peningkatan pendapatan, dan peningkatan pendapatan masjid. Peran yang paling menonjol ialah aksi, hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya jenis usaha, peningkatan pendapatan serta peningkatan kontribusi terhadap masjid. Masjid Fatimatuzzahra dapat di golongkan masjid yang mandiri, karena masjid dapat menjalankan usaha untuk memenuhi kebutuhan operasionalnya, pengurus mampu mengambil keputusan untuk menyelesaikan permasalahan, dan mampu mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Masjid, Unit Usaha, Kemandirian
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.5 Masjid
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Yafi Alfarik sdr
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:23
Last Modified: 15 Jul 2024 08:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26195

Actions (login required)

View Item View Item