Terapi Religi Dalam Membantu Proses Kesembuhan Pada ODGJ di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Karangsambung Kebumen

Lidya, Oktaviana (2024) Terapi Religi Dalam Membantu Proses Kesembuhan Pada ODGJ di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Karangsambung Kebumen. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
LIDYA OKTAVIANA_TERAPI RELIGI DALAM MEMBANTU PROSES KESEMBUHAN PADA ODGJ DI PONDOK PESANTREN HIDAYATUL MUBTADIIN KARANGSAMBUNG KEBUMEN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Gangguan jiwa menjadi masalah kesehatan yang sangat serius di seluruh negara. Agar gangguan jiwa seseorang tidak naik level menjadi parah, sangat dibutuhkan penyembuhan dengan segera. Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Kebumen menerima santri dengan gangguan jiwa dan santri tanpa riwayat gangguan jiwa (sehat jiwa), dengan menggunakan metode terapi religi sebagai bentuk bantuan kesembuhan pada ODGJ. Terapi religi adalah sebuah langkah pengobatan atau penyembuhan dengan berlandaskan keagamaan yang bersumber dari Al Qur’an dan As Sunah. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses penyembuhan ODGJ dengan terapi religi di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Kebumen. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif. Sumber informasi dalam penelitian ini adalah Pak Kiai Fahrudin selaku pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin, Mas Tadin selaku pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin, serta dua santri ODGJ yang sudah sembuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi religi di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Kebumen mampu membantu proses kesembuhan pada ODGJ. Hasilnya cukup efektif untuk menyembuhan ODGJ sejak tahun 2003 sudah sejumlah 59 santri yang sembuh, dengan kurun waktu rata-rata tiga sampai lima tahun untuk bisa dinyatakan sembuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Terapi Religi, Kesembuhan, ODGJ
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.17 Pelayanan kepada Masyarakat
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.9 Adat Istiadat
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Lidya Oktaviana sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:18
Last Modified: 15 Jul 2024 08:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26185

Actions (login required)

View Item View Item