PENERAPAN GERAKAN LITERASI MEMBACA DALAM MENGOPTIMALKAN MINAT BACA SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 3 KEJOBONG, PURBALINGGA

Devi, Fitria Wulandari (2024) PENERAPAN GERAKAN LITERASI MEMBACA DALAM MENGOPTIMALKAN MINAT BACA SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 3 KEJOBONG, PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
DEVI FITRIA WULANDARI_PENERAPAN GERAKAN LITERASI MEMBACA DALAM MENGOPTIMALKAN MINAT BACA SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 3 KEJOBONG, PURBALINGGA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Literasi membaca merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan, karena membaca merupakan hal utama dalam mengembangkan budaya literasi. Kegiatan literasi membaca erat hubungannya dengan minat baca siswa yang tinggi, minat merupakan ketertarikan terhadap sesuatu. Dengan adanya gerakan literasi membaca di sekolah diharapkan dapat mengoptimalkan minat baca pada siswa dan berpotensi membuka peluang untuk siswa dapat mengeksplorasi berbagai macam jenis bacaan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarik kesimpulan, dan keabsahan data dengan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan gerakan literasi membaca di SD Negeri 3 Kejobong diterapkan dengan membiasakan anak membaca buku di waktu-waktu yang sudah ditentukan sebagai berikut kelas 1-2 sebelum masuk, kelas 2-4 istirahat pertama, kelas 5-6 istirahat ke dua. Adapun setelah dilaksanakan kegiatan literasi membaca, terlihat minat baca siswa menjadi semakin optimal terlihat pada saat kegiatan gerakan literasi membaca siswa merasa senang dan enjoy, siswa memiliki kesadaran serta mengerti manfaat membaca, siswa memiliki frekuensi waktu dalam membaca dan memiliki kualitas bacaan lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Literasi Membaca, Minat Baca Siswa
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Devi Fitria Wulandari sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:45
Last Modified: 15 Jul 2024 07:45
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26174

Actions (login required)

View Item View Item