PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV SD NEGERI 1 BOJONGSARI KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA

Nur, Isnaini (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV SD NEGERI 1 BOJONGSARI KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
NUR ISNAINI_PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA DIKELAS IV SD NEGERI 1 BOJONGSARI KECAMATAN BOJONGSARI KABUPATEN PURBALINGGA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keberagaman karakteristik peserta didik menjadi salah satu tantangan bagi pendidik dalam melaksanakan pembelajaran. Kemampuan guru dalam mengakomodasi keberagaman karakteristik dan minat peserta didik adalah kunci keberhasilan proses pembelajaran itu sendiri. Model Pembelajaran Berdiferensiasi merupakan upaya adaptasi di dalam kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar peserta didik. Oleh karena itu, ingin dikaji lebih lanjut bagaimana pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi pada pembelajaran, serta bagaimana hambatan Pembelajaran Berdiferensiasi pada pembelajaran untuk peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Bojongsari. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sehingga instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar pedoman wawancara, panduan observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data yang terdiri dari Data reduction (reduksi data), Data Display (Penyajian data), dan conclusion drawing(Penarikan Kesimpulan). Berdasarkan pemaparan analisis data hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat beberapa tahapan yang harus terpenuhi dalam pembelajaran berdiferensiasi yaitu melakukan pemetaan kebutuhan peserta didik melalui asesmen diagnostik, merancang perencanaan pembelajaran berdiferensiasi sesuai kebutuhan peserta didik, dan melakukan evaluasi dan merefleksi pembelajaran yang sudah berlangsung. Hambatan atau kendala Penerapan pembelajaran yang ditemukan adalah pengetahuan guru terhadap konsep pembelajaran berdiferensiasi yang masih butuh penyesuaian dan keterbatasan waktu. Sementara faktor pendukungnya sekolah mengupayakan dalam memfasilitasi kebutuhan pembelajaran sehingga memberikan kemudahan dalam kelancaran dan keberhasilan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, peserta didik
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Isnaini sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:40
Last Modified: 15 Jul 2024 07:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26164

Actions (login required)

View Item View Item