IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI MA'ARIF NU SAWANGAN WETAN KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS

Muhamad, Chaerudin (2024) IMPLEMENTASI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MI MA'ARIF NU SAWANGAN WETAN KECAMATAN PATIKRAJA KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Muhamad Chaerudin_Implementasi Pendekatan Contextual Teaching Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di MI Ma'arif NU Sawangan Wetan Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MI Ma’arif NU Sawangan Wetan. Pendekatan ini diimplementasikan untuk memastikan perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah dan analisis RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), penerapan CTL mencakup tujuh komponen utama: konstruktivisme, inkuiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik.Konstruktivisme diterapkan dengan memberikan ruang bagi siswa untuk aktif mencari informasi dan mengkonstruksi pengetahuan sendiri. Melalui inkuiri, siswa didorong untuk menemukan pengetahuan secara mandiri melalui proses bertanya, merumuskan hipotesis, mengumpulkan, dan menganalisis data. Komponen bertanya digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari mereka.Masyarakat belajar melibatkan kerja sama antar siswa dalam kelompok untuk mencari pengetahuan dan pemahaman, sementara pemodelan oleh guru menggunakan media pembelajaran yang relevan dan memberikan contoh perilaku untuk ditiru. Refleksi dilakukan untuk mengorganisir dan mengevaluasi apa yang telah dipelajari, dan penilaian autentik digunakan untuk mengumpulkan informasi mengenai perkembangan belajar siswa melalui berbagai metode, seperti tes tertulis, laporan kegiatan, dan karya siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CTL dalam pembelajaran SKI di MI Ma’arif NU Sawangan Wetan telah berjalan dengan baik, meskipun belum maksimal. Pendekatan ini memudahkan siswa dalam memahami materi dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Melalui penerapan CTL, siswa didorong untuk aktif, berpikir kritis, bekerja sama, dan melakukan refleksi atas pembelajaran mereka. Dengan demikian, pendekatan CTL telah meningkatkan efektivitas pembelajaran SKI, yang terlihat dari kemampuan siswa dalam memahami dan mengaplikasikan pengetahuan yang telah dipelajari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Impelmentasi Pendekatan Contextual Teaching And Learning Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhamad Chaerudin Harmansyah sdr
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:50
Last Modified: 15 Jul 2024 07:50
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26148

Actions (login required)

View Item View Item