Hauro, Roihana Zahratul (2024) PENGARUH HABITS OF MINDS DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs MA'ARIF NU 1 KEBASEN. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
|
Text
SKRIPSI_ROIHANA_ZAHRATUL_HAURO_2017407085.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh habits of minds dan keaktifan belajar terhadap kemampuan pembuktian matematis siswa kelas VIII MTs Ma‟arif NU 1 Kebasen. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah peneltian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ma‟arif NU 1 Kebasen yang berjumlah 190 siswa. Sampel dari penelitian ini diambil menggunakan teknik simple random sampling, dengan menggunakan rumus Solvin berjumlah 129 siswa. pengambilan data pada penelitian ini berupa angket habits of minds dan keaktifan belajar serta tes kemampuan pembuktian matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dan regresi linier berganda menggunakan uji statistik t dan uji statistik F. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Terdapat pengaruh habits of minds terhadap kemampuan pembuktian matematis siswa kelas VIII MTs Ma‟arif NU 1 Kebasen. Diperoleh nilai thitung = 11,568 > ttabel = 0,6743 dan nilai signifikansi 0,003 < 0,05 dan diperoleh persamaan regresi = 60,885 + 0,210X1 2) Terdapat pengaruh keaktifan belajar terhadap kemampuan pembuktian matematis siswa kelas VIII MTs Ma‟arif NU 1 Kebasen. Diperoleh nilai thitung = 2,861 > ttabel = 0,6743 dan nilai signifikansi 0,005 < 0,05 dan diperoleh persamaan regresi = 47,575 + 0,306X2 3) Terdapat pengaruh habits of minds dan keaktifan belajar terhadap kemampuan pembuktian matematis siswa kelas VIII MTs Ma‟arif NU 1 Kebasen. Diperoleh nilai Fhitung = 5,185 > Ftabel = 3,07 dan nilai signifikansi sebesar 0,007 < 0,05 serta memiliki persamaan regresi = 58,650 + 0,136X1 + 0,109X2 . Artinya variabel habits of minds dan keaktifan belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pembuktian matematis. Sedangkan besar pengaruhnya yaitu sebesar 6,1%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Habits of Minds Keaktifan Belajar Kemampuan Pembuktian Matematis |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Roihana Zahratul Hauro sdri |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 07:41 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 07:41 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26145 |
Actions (login required)
View Item |