IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DI RA DIPONEGORO 153 AJIBARANG KULON KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Azizah, Ismi Nur (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DI RA DIPONEGORO 153 AJIBARANG KULON KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ISMI NUR AZIZAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan mengambil topik terkait dengan implementasi pembelajaran karena di RA Diponegoro 153 Ajibarang Kulon karena di dalam lembaga ini terdapat keunikan dalam proses pembelajaran dimana kegiatan yang dilakukan merupakan kegiatan yang dibentuk untuk dilaksanakan dengan baik, diantaranya yaitu program pembelajaran dengan kegiatan kunjungan edukasi pembiasaan pagi sebelum memulai pembelajaran yang menjadikan peneliti tertarik yaitu kegiatan pembiasaan memnghafalkan surat-surat pendek meskipun terlihat mudah bagi peneliti namun untuk anak usia mereka tidaklah mudah dan kegiatan sebelum pembelajaran tersebut dilaksankan dengan baik. Penelitian ini untuk mengetahui faktor yang ada dalam mengimplementasikan pembelajaran karena dalam hal ini pasti perlu dipahami karena untuk membantu bagaimana perkembangan yang terjadi pada anak usia dini. Jenis Penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Jadi penelitian kualitatif atau disebut juga penelitian alamiah adalah jenis penelitian dengan mengutamakan penekanan pada proses dan makna yang tidak diuji, atau diukur dengan setepat tepatnya dengan data yang berupa data deskriptif. Objek yang digunakan pada penelitian ini adalah implementasi pembelajaran di RA Diponegoro 153 Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Subjek penelitian merupakan sumber informasi yang diperoleh dari informan terkait permasalahan dalam penelitian yang dilakukan dengan tanya jawab yang diajukan oleh pewawancara diantaranya yaitu kepala sekolah RA Diponegoro 153 Ajibarang Kulon dan 2 guru kelas. Jadi dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran sangat membantu anak-anak dalam proses untuk bisa mencapai perkembangan yang disesuaikan dengan indikator perkembangan. Proses pembelajaran juga tidak selamanya berjalan dengan mulus tetapi terdapat hambatan dan tantangan yang harus ditempuh dan sebagai seorang pendidik harus memberikan pembelajaran yang baik dan mengatasi hal yang membuat pembelajaran kurang stabil. dipahami serta media pembelajaran yang tersedia untuk memudahkan anak dalam belajar. Sedangkan faktor pengahmbat yaitu, kondisi kelas kurang kondusif. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ismi Nur Azizah sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:47
Last Modified: 15 Jul 2024 06:47
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26142

Actions (login required)

View Item View Item