PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN SAMPAH TERPADU (Studi Kasus Kelompok Pemelihara Dan Pemanfaat Kpp “Mersi Baru” Kelurahan Mersi Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas)

Muhammad, Alfan Baihaqi (2024) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN SAMPAH TERPADU (Studi Kasus Kelompok Pemelihara Dan Pemanfaat Kpp “Mersi Baru” Kelurahan Mersi Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD ALFAN BAIHAQI_PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN SAMPAH TERPADU (Study Kasus Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat KPP Mersi Baru Kelurahan Purwokerto Wetan Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas).pdf

Download (971kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendorong pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah yang berkelanjutan. Inisiatif ini mencakup pengumpulan, pemilahan, dan pemanfaatan sampah secara terpadu, dengan tujuan utama untuk mengurangi limbah dan menciptakan nilai tambah dari sampah tersebut. KPP "Mersi Baru" beroperasi sebagai kelompok swadaya masyarakat, yang berarti bahwa ini adalah inisiatif yang dijalankan oleh masyarakat sendiri untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Melalui Program ini, masyarakat diberdayakan untuk menjadi bagian dari solusi dalam pengelolaan sampah, bukan hanya sebagai korban dari masalah kekotoran akan dampak dari sampah, namun masyarakat sekitar juga diajak menjadi seorang inisiator. Yang menginisiasi pengurangan limbah, dan menciptakan lapangan kerja dan peluang ekonomi bagi anggota KPP "Mersi Baru". Selain itu, inisiatif ini juga berkontribusi terhadap pembangunan lingkungan yang berkelanjutan dan sehat, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kelurahan Mersi. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan sampah terpadu melalui KPP "Mersi Baru" tidak hanya efektif dalam mengurangi limbah, tetapi juga sebagai alat untuk pemberdayaan masyarakat dan pembangunan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kelompok Pemelihara dan Pemanfaat Pengelolaan Sampah Terpadu, Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Alfan Baihaqi sdr
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:01
Last Modified: 15 Jul 2024 07:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26140

Actions (login required)

View Item View Item