Pengaruh Problem Based Learning Dengan Media Dakota Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Di MI Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap

Yeti, Purwaningsih (2024) Pengaruh Problem Based Learning Dengan Media Dakota Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Di MI Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap. Masters thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Yeti Purwaningsih_Pengaruh Problem Based Learning Dengan Media Dakota Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Di MI Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi di MI Kecamatan Cipari, Kabupaten Cilacap menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang ada menghadapi masalah utama seperti metode pembelajaran yang kurangsesuai, kualitas guru yang kurang memadai, dan terbatasnya media serta alat peraga. Guru-guru cenderung menggunakan metode ceramah yang monoton tanpa inovasi, yang menurunkan minat belajar siswa. Kompetensi guru juga belum optimal dalam menerapkan metode pembelajaran yang efektif. Selain itu, minimnya penggunaan media dan alat peraga membuat siswa sulit memahami konsep-konsep pelajaran, terutama matematika, sehingga hasil belajar siswa tidak mencapai standar yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan media dakota terhadap minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MI Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap. Media Dakota menggabungkan elemen permainan tradisional dakon dengan konsep matematika untuk mempermudah pemahaman siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain matching pre test and post-test control group. Sampel terdiri dari siswa kelas IV di MI Salafiyah Cipari dan MI Mafatihul Huda Cipari, yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, tes, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan Uji N Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar pada pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning dengan media dakota menunjukkan peningkatan dengan N Gain kategori “cukup efektif” menurut Hake (62,5) dan “sedang” menurut Mazler (0,625), sementara kelompok kontrol menunjukkan hasil yang “tidak efektif” (13,5) menurut Hake dan “rendah” (0,135) menurut Mazler. Hasil selanjutnya menunjukan bahwa model problem based leraning dengan media dakota efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan N Gain kategori “cukup efektif” menurut kriteria Hake (56,5) dan “sedang” menurut kriteria Mazler (0,56). Sebaliknya, kelompok kontrol dengan pembelajaran konvensional menunjukkan hasil N Gain yang “tidak efektif” (26) menurut Hake dan “rendah” (0,26) menurut Mazler. Temuan ini menunjukkan bahwa problem based learning dengan media dakota efektif dalam memvisualisasikan konsep matematika yang kompleks dan dapat meningkatkan minat dan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning. Media Dakota, Minat belajar, Hasil Belajar
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yeti Purwaningsih sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:52
Last Modified: 15 Jul 2024 06:52
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26127

Actions (login required)

View Item View Item