PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI MA'ARIF NU 1 KARANGDADAP

Nur Aulia, Rohmah (2024) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI MA'ARIF NU 1 KARANGDADAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Skripsi NUR AULIA R YA ALLAH DAFTAR YUDISIUM-1.pdf

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NUR AULIA ROHMAH_PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI MA'ARIF NU 1 KARANGDADAP.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penggunaan reward sebagai cara yang dilakukan oleh guru untuk menghargai berbagai usaha siswa dalam proses belajar, salah satunya adalah IPA. Reward dapat diberikan dalam bentuk verbal dan reward non verbal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MI Ma’arif NU 1 Karangdadap. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan kuantitatif. Metode penelitian berupa survei. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, tes dan dokumentasi. Lembar observasi digunakan untuk mengukur reward yang diterima siswa di dalam proses belajar IPA. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan pemberian reward dalam pembelajaran IPA. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengetahui data keberhasilan pembelajaran dengan menggunakan reward dalam pembelajaran IPA. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 36 siswa. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan data pada lembar observasi yang akan digunakan. Hal tersebut dilakukan karena untuk mengetahui valid tidaknya lembar observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Analisis statistik inferensial meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. Sedangkan uji hipotesis meliputi uji korelasi sederhana dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar IPA di MI Ma’arif NU 1 Karangdadap. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,893, dan nilai r square atau nilai determinan sebesar 79,8 % serta nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil itu menunjukkan bahwa pengaruh pemberian reward terhadap hasil belajar bersifat positif dan kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberian Reward, Hasil Belajar IPA, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NUR AULIA ROHMAH sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:10
Last Modified: 15 Jul 2024 06:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26122

Actions (login required)

View Item View Item