Margi, Wahyuningsih (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI 2 GANDRUNGMANGU KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.
|
Text
Margi Wahyuningsih_Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 2 Gandrungmangu Kabupaten Cilacap.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Implementasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti menggunakan Kurikulum Merdeka masih terdapat permasalahan seperti kurangnya training, workshop, kurang dapat memahami capaian pembelajaran dan materi yang sesuai kebutuhan siswa. SMP Negeri 2 Gandrungmangu berkomitmen kuat dalam implementasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti dalam Kurikulum Merdeka melalui penguatan pemahaman Kurikulum Merdeka dengan mengadakan kegiatan pelatihan Kurikulum Merdeka sehingga peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Gandrungmangu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang berlokasi di SMP Negeri 2 Gandrungmangu dengan subjek Kepala Sekolah, Wakil Kepala Kurikulum, Guru PAI dan Budi Pekerti, dan Peserta Didik. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Gandrungmangu yaitu: Pertama, perencanaan pembelajaran dengan membuat modul ajar, mengadakan pelatihan Kurikulum Merdeka untuk menguatkan pemahaman guru terkait Kurikulum Merdeka, menganalisis capaian pembelajaran untuk menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran, merencanakan dan melaksanakan asesmen diagnostik, mempersiapkan penyesuaian pembelajaran dengan capaian dan karakter peserta didik, merencanakan pelaksanaan dan mengolah asesmen formatif dan sumatif, merencanakan pelaporan kemajuan belajar dan merencanakan evaluasi pembelajaran dan asesmen. Kedua, pelaksanaan pembelajaran dengan melaksanakan kegiatan pendahuluan, inti dan penutup yang didalamnya dengan dilaksanakan asesmen diagnostik formatif serta melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan model problem based learning. Ketiga, evaluasi pembelajaran dengan melaksanakan asesmen diagnostik non-kognitif, asesmen formatif dengan buatan guru sendiri dan asesmen sumatif yang berasal dari MGMP Cilacap.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti |
Subjects: | 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.35 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MARGI WAHYUNINGSIH sdri |
Date Deposited: | 15 Jul 2024 05:18 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 05:18 |
URI: | http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26101 |
Actions (login required)
View Item |