BIMBINGAN KEMANDIRIAN PADA ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN HARAPAN MULIA PURWOKERTO

Nadiaturriza, Nadiaturriza (2024) BIMBINGAN KEMANDIRIAN PADA ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN HARAPAN MULIA PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Nadiaturriza_Bimbingan Kemandirian Pada Anak Asuh Di Panti Asuhan Harapan Mulia Purwokerto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemandirian anak asuh di Panti Asuhan Harapan Mulia merupakan salah satu tujuan dalam pendidikan karakter anak asuh yang ada di panti asuhan tersebut. Terdapat beberapa anak asuh yang belum mandiri karena masih belum bisa mengontrol emosinya, belum bisa mengambil keputusan sendiri, masih bergantung pada orang lain, belum bisa menyelesaikan masalahnya sendiri. Beberapa penyebab terjadinya ketidak mandirian anak asuh di Panti Asuhan Harapan Mulia adalah sikap anak yang tidak memiliki kemandirian belajar, tidak memiliki ketrampilan komunikasi, ketrampilan sosial, dan pengelolaan emosi. Skripsi ini bertujuan untuk mengungkap bimbingan kemandirian yang ada di Panti Asuhan Harapan Mulia Purwokerto dalam menjadikan anak asuh yang mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif pendekatan bersifat deskriptif, sumber data dari penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer didapatkan dari observasi, wawancara sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari literatur￾literatur, buku, jurnal dan foto. Subjek dari penelitian ini adalah anak asuh yang memiliki permasalahan kemandiriannya di Panti Asuhan Harapan Mulia Purwokerto. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data lalu dilakukanlah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi kemandirian anak asuh masih kurang dibuktikan dengan kondisi yang masih ketergantungan, kurang percaya diri, kurang bertanggung jawab, kurang inisiatif dan motivasi, dll. Pelaksanaan bimbingan kemandirian melalui beberapa tahap diantaranya, tahap perencanaan yaitu mengenai asesmen kebutuhan bagi anak asuh untuk memperoleh gambaran tentang kondisi anak asuh, tahap pelaksanaan yaitu menyampaikan materi tentang kemandirian, tahap evaluasi yaitu penilaian dari hasil pelaksanaan bimbingan, tahap penutup yaitu membuat kesimpulan mengenai hasil bimbingan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Anak Asuh, Panti Asuhan
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nadiaturri Nadiaturriza sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 05:02
Last Modified: 15 Jul 2024 05:02
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26100

Actions (login required)

View Item View Item