COMMUNITY RELATIONS PUBLIC RELATIONS PT KAI DAOP 5 PURWOKERTO DENGAN KOMUNITAS SPOORLIMO DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN (KERANGKA EXCELLENCE THEORY)

Fatmah, Mugiatmi (2024) COMMUNITY RELATIONS PUBLIC RELATIONS PT KAI DAOP 5 PURWOKERTO DENGAN KOMUNITAS SPOORLIMO DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN (KERANGKA EXCELLENCE THEORY). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Fatmah Mugiatmi_Community Relations.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kereta Api merupakan moda transportasi yang digemari masyarakat di zaman sekarang. PT Kereta Api Indonesia Daop 5 Purwokerto telah menerapkan suatu proses pengelolaan perusahaan yang baik guna memastikan agar daya saing perusahaan terus terjaga dalam segala keadaan dan memberikan nilai tambah bagi komunitas sekitarnya dengan tujuan untuk menjaga hubungan yang harmonis dan saling menguntungkan satu sama lain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan fokus wawancara yang dilakukan kepada public relations PT Kereta Api Indonesia Daop 5 Purwokerto dan komunitas Spoorlimo. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dan data dianalisa menggunakan reduksi data, tampilan data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan community relations Public relations PT Kereta Api Indonesia Daop 5 Purwokerto dengan Komunitas Spoorlimo merupakan relasi yang sangat penting dalam menjalin hubungan dengan pihak eksternal. Keberadaan Komunitas Spoorlimo dilandasi dengan berbagai latar belakang yang sama mengenai kecenderungan terhadap perkeretaapian. Penelitian juga menunjukkan bahwa kegiatan community relations yang dilangsungkan oleh komunitas ini meliputi 3 program, yaitu Sosialisasi Keselamatan di Perlintasan sebidang, Posko Angkutan Nataru dan Angkutan Lebaran serta adanya program EduTrain. Sehingga berdasarkan excellence theory, kegiatan yang dilaksanakan cenderung pada two-way simmetrical model. Model ini menekankan komunikasi yang menciptakan pemahaman yang seimbang antara PT KAI Daop 5 Purwokerto, Komunitas Spoorlimo, dan masyarakat, di mana PT KAI Daop 5 Purwokerto tidak hanya menyampaikan informasi kepada masyarakat, tetapi juga menerima dan menanggapi umpan balik dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Community Relations, Public Relations, Excellence Theory
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fatmah Mugiatmi sdri
Date Deposited: 15 Jul 2024 06:12
Last Modified: 15 Jul 2024 06:12
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/26093

Actions (login required)

View Item View Item